Siap-siap, Nakes Bakal Terima Booster Kedua

  • Bagikan


-Penyuntikan Vaksin Dimulai 8 Agustus

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tenaga kesehatan (nakes) bakal menerima vaksin booster kedua atau dosis IV. Di Kendari, sasarannya tercatat sebanyak 4.151 nakes. Pemberian vaksin booster untuk kedua kalinya ini untuk melindungi nakes dari penularan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Nakes) Kota Kendari drg. Rahminingrum mengatakan pemberian vaksin booster kedua dilaksanakan guna menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes tentang vaksinasi booster kedua untuk nakes.

"Nakes dibooster dua kali. Dibooster menggunakan vaksin jenis moderna dengan setengah dosis. Karena booster sebelumnya (pertama) telah diberikan booster jenis yang dan dosis yang sama," ujarnya kepada Kendari Pos, Senin (1/8)

Berdasarkan informasi yang didapatkannya dari pemerintah pusat, alasan pemberian booster kedua menimbang tingginya penularan covid-19 kepada nakes. Hal tersebut terjadi karena nakes berhadapan langsung dengan pasien terkonfirmasi positif covid-19 sehingga sangat rentan untuk tertular.

Ia menambahkan vaksinasi booster kedua untuk nakes bakal dilaunching pada 8 Agustus mendatang. Oleh karena itu, ia meminta seluruh nakes untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam mensukseskan pemberian booster kedua ini.

"Mudah-mudahan upaya ini bisa melindungi tenaga medis kita sehingga bisa kuat untuk memulihkan kondisi pasien dan mempercepat penanganan Covid-19. Perlu diingat bahwa booster kedua ini hanya diperuntukkan bagi nakes dan bukan untuk masyarakat umum maupun kelompok lainnya," pungkasnya. (b/ags)

Vaksinasi Nakes
-Sasaran 4.151 Jiwa
-Dosis I 5.801 Jiwa (139,75 Persen)
-Dosis II 5.387 Jiwa (129,78 Persen)
-Dosis III atau Booster 3.921 Jiwa (94,46 Persen)
-Dosis IV atau Booster II Dimulai 8 Agustus

Penyuntikan Booster II
-Nakes Rawan Terpapar
-Hanya Setengah Dosis
-Perkuat Daya Tahan Tubuh Terhadap Covid
-Tak Diperuntukan ke Masyarakat Umum

Capaian Vaksinasi di Kendari
-Sasaran 265.147 Jiwa
-Dosis I 278.560 Jiwa (105,06 Persen)
-Dosis II 195.220 Jiwa (73,63 Persen)
-Dosis III 48.620 Jiwa (21,19 Persen)

Sumber Dinkes Kota Kendari
Data Diolah Kendari Pos
Ilustrator Fahri Asmin

  • Bagikan