Hasil Survei Masyarakat Bombana Puas dengan Pelayanan Disdukcapil

  • Bagikan
Firdaus

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pelayanan Administrasi Kependudukan (Aminduk) di Dinas Kendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupten Bombana menunjukan tren positif. Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilakukan sepanjang Januari-Juli 2022, pelayanan Disdukcapil memperoleh nilai 86,53 kategori B.

Kepala Disdukcapil Bombana, Firdaus, mengungkapkan, hasil survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Aminduk di Disdukcapil untuk tahun 2022 mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2021 yang hanya 85,52.
Hasil survei kepuasan publik, kata dia, menjadi salah satu tolak ukur untuk menilai kualitas pelayanan yang selama ini diberikan kepada masyarakat.

Nilai ini juga menjadi dasar bagi Disdukcapil untuk melakukan pembenahan layanan. Pihaknya terus mendorong berbagai upaya meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan di Disdukcapil. Contohnya, tahun 2022 ini, parkiran kendaraan pengunjung dibenahi. Tujuannya, memberikan rasa nyaman kepada pengunjung yang ingin memperoleh dokumen Adminduk.

“Insya Allah tahun 2023, kami akan merencanakan perbaikan-perbaikan lainya, guna memberikan rasa nyaman dan kebahagiaan kepada semua pengguna layanan,” imbuhnya.

Survei dilakukan dengan mengacu pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Nomor 14 Tahun 2017 dengan menggunakan Kuesioner sebagai alat ukur. Pada Kuesioner terdapat 9 pertanyaan yang sifatnya tertutup namun dapat mewakili jawaban dari setiap responden. Jumlah responden dari survey ini yakni 100 orang yang didominasi tingkat pendidikan SMA.

“Tingginya tingkat pendidikan dapat mempengaruhi jawaban yang diperoleh karena tingkat pendidikan mampu memberikan persepsi yang lebih detail terhadap pelayanan yang diberikan,” tutupnya kepada Kendari Pos kemarin. (idh/b).

  • Bagikan