Usul Bangun Rusun ke Kementerian PUPR

  • Bagikan
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyambangi tenda darurat korban kebakaran di TPA Puuwatu, kemarin.

-Ganti Rumah Korban Kebakaran di TPA Puuwatu

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Musibah kebakaran yang menimpa warga di Kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Puuwatu pekan lalu menyisahkan duka mendalam bagi para korban. Puluhan rumah warga hangus terbakar. Musibah tersebut membuat Wali Kota Kendari tergerak untuk membantu.

Ia berjanji akan mengganti rumah warga dengan rumah susun (rusun) yang saat ini diusulkan ke pemerintah pusat. Dokumen usulan tengah dilengkapi untuk disampaikan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

"Sementara diproses (dokumen administrasi). Kemarin saya sudah ketemu perwakilannya (Kementerian PUPR). Mereka mendukung dan menyambut baik (pembangunan rusun). Sekarang tinggal proses menyusun administrasinya," ungkap politisi PKS itu.

Katanya, pembangunan rusun di TPA sangat penting untuk menghidari musibah kebakaran jika hunian warga dibangun seperti sebelumnya (rumah papan). "Kita harap di TPA Puuwatu itu tidak lagi kembali seperti bangunan semula, karena khawatir lagi nanti terjadi kebakaran," argumentasinya. Rusun nantinya tidak hanya mengakomodir korban kebakaran di TPA, melainkan juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Kendari, Agus Salim mengaku telah mengusulkan pembangunan rusun di TPA. Berbagai dokumen telah dilengkapi, seperti kepemilikan lahan. "Mudah-mudahan bisa diterima dan bisa segera diwujudkan pembangunannya," pungkasnya. (ags/b)

  • Bagikan