Lantik Panitia Ajudikasi, Percepat Program PTSL

  • Bagikan
Kepala Kantor Pertanahan Konsel, La Ode Muhammad Ruslan Emba (depan, tengah) bersama jajarannya, usai melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah Panitia Ajudikasi dan sejumlah Satgas, kemarin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pelantikan dan pengambilan sumpah Panitia Ajudikasi, Satuan Tugas Fisik, Satuan Tugas Yuridis, Satuan Tugas Penyelesaian K4 dan Satuan Tugas Administrasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2022, dilakukan pihak Kantor Pertanahan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Rabu (20/7). Kepala Kantor Pertanahan Konsel, La Ode Muhammad Ruslan Emba, mengatakan, panitia ajudikasi yang dilantik akan melaksanakan PTSL di Kecamatan Ranomeeto, Konda, Lainea, Kolono, Kolono Timur, Moramo, Moramo Utara, Angata dan Basala.

"Panitia ajudikasi ini jumlahnya 14 orang dan dibagi menjadi dua tim. Tim 1 diketuai Kepala Seksi Pengendalian dan Penanganan Sengketa, Ruth Dewi Mayasari. Sedangkan tim 2 diketuai Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Asnani," ungkap Ruslan Emba, kemarin. Dengan jumlah tenaga di Kantor Pertanahan Konsel yang terbatas, pihaknya akan memaksimalkan sumber daya manusia. "Kami terus mengoptimalkan program PTSL sebagai upaya memberi kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut Ruslan Emba menyebut, target program PTSL untuk Konsel pada tahun 2022, sebanyak 8.250 bidang. Sementara untuk program redistibusi tanah targetnya 2.000 bidang. Artinya tahun ini pihak Kantor Pertanahan Konsel akan menerbitkan 10.250 sertifikat sesuai target.
"Sampai saat ini capaiannya untuk PTSL karena dibagi dua, untuk pengukuran kurang lebih sudah 4.500 bidang. Sementara untuk sertifikasi, sifatnya campuran dari tahun ini dan sebelumnya, totalnya sudah lebih dari 3.000. Sedangkan untuk program redis, dari target 2.000 bidang tanah, lebih dari 1.000 telah diukur dan selebihnya menyusul," pungkas Ruslan Emba. (c/ndi)

  • Bagikan