Dorong Buteng Sejahtera, Muh. Yusup Rangkul Pengusaha Muda

  • Bagikan
Muhammad Yusup

Menggeliatkan Ekonomi Daerah

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Baru satu bulan empat hari mengemban amanah menakhodai Buton Tengah (Buteng), Penjabat Bupati Muhammad Yusup bergerak cepat. Sederet gerbakan di bidang pembangunan dan pemerintahan ditunaikan. Tak hanya gerilya membangun komunikasi dengan Forkopimda Buteng, Pj.Bupati Muh.Yusup getol blusukan mengecek infrastruktur fisik.

Sektor pertumbuhan ekonomi daerah masuk dalam radar prioritas kerja Pj.Bupati Muh.Yusup. Kerja-kerja Pj.Bupati Muh.Yusup itu untuk mendorong terciptanya masyarakat dan Kabupaten Buteng yang sejahtera. Pj.Bupati Muh.Yusup pun merangkul kelompok pengusaha muda Buteng, yang nantinya berkontribusi dalam menggeliatkan roda ekonomi daerah.

Pj.Bupati Muh.Yusup mengaku terbuka terhadap ide-ide yang bersifat konstruktif dari pihak manapun, termasuk kalangan muda. Hal itu diungkapkannya sang bupati saat menerima kunjungan Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kabupaten Buteng di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan itu, kedua pihak menyamakan persepsi tentang langkah-langkah yang perlu ditempuh untuk mewujudkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang lebih berdaya.
“Terima kasih kepada BPC HIPMI Buteng yang mau mendukung program saya membangkitkan UMKM dan ekonomi kreatif di Buteng ini,” ujar Pj.Bupati Buteng, Muh.Yusup, Senin (27/6), kemarin.

Ia berharap program yang dilaksanakan pemerintah daerah dan HIPMI benar-benar berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat. UMKM sebagai pilar ekonomi sudah sepatutnya diberdayakan.

Menurut Pj.Bupati Muh.Yusup, untuk mengembangkan UMKM, diperlukan program-program HIPMI Buteng yang lebih spesifik terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan kualitas produk UMKM.

“Inilah kolaborasi yang kita harapkan. HIPMI bisa memberikan pendampingan dalam setiap kegiatan UMKM dan ekonomi kreatif pemerintah daerah nantinya,” ungkap Pj.Bupati, Muh.Yusup.

Sementara itu, Ketua BPC HIPMI Buteng, La Zamrun mengatakan HIPMI siap mengelaborasi ide-ide yang bersifat edukatif dan inovatif demi tumbuhnya UMKM dan ekonomi kreatif daerah. Buteng dengan segala potensinya, diharapkan memiliki bargaining dalam pasar nasional bahkan mancanegara.

“Sehingga tidak ada lagi hasil bumi atau produk kita yang berasal dari Buteng tetapi mendapat label dari daerah lain,” tuturnya.

Menurut La Zamrun, dukungan Pj.Bupati Buteng Muh. Yusup menjadi amunisi bagi lembaganya untuk bersinergi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) yang memiliki peran penting dalam memajukan UMKM. "HIPMI juga akan mendorong promosi wisata di Buteng agar mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Potensi pertanian dan perikanan juga bakal menjadi sasaran pengembangan," tutur La Zamrun. (uli/b)

  • Bagikan