Hyundai Creta Dilengkapi Sistem Keamanan SmartSense

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Hyundai Creta bisa menjadi pilihan menarik konsumen otomotif di Sulawesi Tenggara (Sultra). Kendaraan ini disokong sistem dan fitur canggih. Sehingga, selain tampilan menarik, keamanannya juga terjamin. Branc Manager Hyundai Kendari Galesong, Yarid Barthimeus mengatakan, Hyundai Creta telah dilengkapi dengan sistem keamanan, yang disematkan pada sporty utility vehicle(SUV). Mobil ini juga sudah mengusung sistem keamanan teratas yakni Hyundai SmartSense. "Hyundai SmartSens merupakan, sistem keamanan pasif yang mampu menghindarkan pengendara dari bahaya, saat mengemudi.

Sistem keamanan ini, sudah didukung tiga fitur SmartSense yakni Forward Collisionavoidance Asist (FCA), Lane Following Asist (LFA) dan Lane Keeping Asist (LKA). Ketiga fitur tersebut dilengkapi dengan Hillstart Asist Control (HAC), Blind-spot Collisionavoidance Asist (BCA), Rear Cross traffic Coliision- avoidance Asist (RCCA) dan Rear View Monitor (RVM)," beber Yarid, Senin (30/5).

Dia menambahkan, adanya fitur FCA, sehingga akan memberi peringatan, ketika sistem mendeteksi adanya kemungkinan benturan dari depan. Fitur LFA juga dirancang untuk membantu pengemudi tetap berada di dalam tengah jalur. Sedangkan f i tur LKA berfungsi agar pengemudi dapat memantau posisi mobil tetap pada jalurnya melalui kamera tampak depan. "Dengan adanya fitur FCA, pengendara tak perlu khawatir dengan kendaraan yang berhenti mendadak atau pejalan kaki yang tiba-tiba mendekat. Karena fitur ini, mampu melakukan pengereman darurat secara otomatis. Sedangkan fitur LFA dapat memberikan peringatan kepada pengemudi untuk segera kembali ke jalur awal," jelasnya.

Fitur ini juga dilengkapi kamera di bagian depan mobil. Sehingga, dapat melacak penanda garis jalur dan menjaga mobil tetap aman di tengah jalur. Lebih jauh Yarid menjelaskan, selain itu, terdapat fitur LKA yang hampir mirip fitur LFA. Fitur LKA memiliki fungsi fitur yang lebih lengkap terutama dalam hal notifikasi. Sistem ini akan memberi notifikasi kepada pengemudi, jika mobil keluar jalur tanpa menggunakan lampu sein. Notifikasi tersebut berupa tanda lampu di bagian dasbor, getaran dan alarm. "Tiga notifikasi ini, dapat membantu pengemudi menjaga kosentrasi selama berkendara," terangnya.

Selain itu, bagi pengemudi yang doyan melakukan touring, fitur HAC pada Creta dapat mempermudah proses menanjak dan menurun pada kendaraan. Fitur yang juga kerap dikenal dengan sembutan hill hold control ini, mampu menahan mobil saat berada di jalur menanjak dan menurun. Sehingga, memberi waktu bagi pengemudi untuk memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas. "Ada banyak alasan Hyundai membawa fitur HAC pada Creta. Salah satunya untuk mencegah aus akibat penggunaan komponen rem tangan. Selain itu, fitur ini juga dapat mengurangi tekanan pada mesin mobil. Karena mesin tidak perlu menahan gerakan mundur saat menanjak. Dan masih banyak fitur-fitur lainnya, yang dapat memberi kenyamanan dan keamanan pada pengemudi," pungkasnya. Konsumen dapat mengunjungi showroom Hyundai Kendari Galesong, Jl. Malaka No. 18 Andonuhu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari. (m3/b)

  • Bagikan