Surunuddin Konsisten Membangun Desa Menuju Konsel Hebat

  • Bagikan
Bupati Konsel, Surunuddin Dangga (depan) menjadi inspektur upacara dalam seremoni peringatan HUT ke-19 Konawe Selatan, kemarin

KENDEARIPOS.CO.ID -- Konawe Selatan kini berusia 19 tahun. Sebenarnya seremoni peringatannya dilakukan tiap tanggal 2 Mei. Namun, tahun ini berbeda. Berhubung dalam situasi libur di tanggal itu, sehingga upacara peringatan hari jadi ke-19 Konsel digelar, Kamis (12/5) di Lapangan Kantor Bupati Konsel. Dalam momentum istimewa itu, Surunuddin bertindak sebagai inspektur upacara.

Di hadapan ribuan ASN Konsel, Surunuddin menekankan agar peringatan HUT Konsel menjadi momentum refleksi diri. Sekaligus meneguhkan komitmen untuk mewujudkan Konsel Hebat: Daerah maju dan tangguh serta meningkatkan kesejahteraan rakyat. “Arah pembangunan kita jelas. Membangun berbasis desa untuk mewujudkan Konsel Hebat. Citacita ini harus menjadi komitmen kita bersama untuk mewujudkannya,” ungkap Surunuddin.

Upacara digelar sederhana. Namun penuh hikmat. Menggambarkan kemajemukan suku dan budaya di Konawe Selatan. Terlihat dari pakaian adat yang digunakan peserta upacara. Bupati Surunuddin tampak gagah dibalut busana adat Tolaki, yang didominasi warna putih dengan motif keemasan. Didampingi Wakil Bupati, Rasyid dengan balutan busana Jawa. Begitu pula peserta upacara, yang dihadiri Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo, jajaran Forkopimda, pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel, Camat serta Kepala Desa se Kabupaten Konawe Selatan. Makin hikmat karena kehadiran tokoh pejuang pembentukan Kabupaten Konsel. Hadir juga tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Surunuddin Dangga mengulas balik terbentuknya Kabupaten Konawe Selatan. Dia menjelaskan, Konsel ditetapkan sebagai daerah otonom berdasarkan undang-undang nomor 4 tahun 2003 tentang pembentukan Konsel di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Lanjut dia, sejak dimekarkan hingga saat ini, berusia usia 19 tahun pada 2 Mei 2022, berbagai karya ditorehkan untuk kemajuan daerah. Dengan strategi pembangunan: Desa Maju Konsel Hebat. Dalam hal ini pembangunan desa terpadu. “Sesuai tema HUT ke-19 Kabupaten Konsel yakni Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Kesehatan Menuju Desa Maju Konsel Hebat, Pemda terus berupaya mengoptimalkan segala sumberdaya dan potensi yang ada guna percepatan pemulihan ekonomi dan kesehatan akibat dampak pandemi Covid-19,” beber mantan Ketua DPRD Konsel ini. Pemerintah, lanjut Surunuddin, melakukan pembangunan di segala bidang kehidupan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sepanjang mengemban amanah sebagai pimpinan daerah, dirinya terus mendorong pembangunan dari desa untuk daerah. “Kita komitmen membangun Konsel yang basisnya dari pedesaan. Mendorong kemajuan daerah dengan berfokus pada potensi di masing-masing wilayah,” ujarnya.

Tugas dan tanggung jawab itu, kata dia, tak terlepas dari doa dan dukungan pendiri Kabupaten Konsel serta seluruh lapisan masyarakat. Konsel, sudah kian dewasa dalam rangka memantapkan program jangka pendek dan jangka panjang. Untuk selanjutnya dilanjutkan generasi yang akan datang. “Atas nama pemerintah, saya mengucapkan dirgahayu ke-19 Konawe Selatan. Terima kasih kepada semua pihak atas kontribusinya dalam pembangunan daerah. Terkhusus rasa terima kasih kami sampaikan kepada tokoh-tokoh pejuang pembentukan Kabupaten Konawe Selatan,” pungkasnya.

Diketahui usai upacara HUT Konsel ke-19 di lapangan kantor Bupati Konawe Selatan, dilanjutkan dengan Rapat Paripurna DPRD Konsel dalam rangka hari jadi daerah tersebut. Rapat dipimpin Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo. Dihadiri Bupati Surunuddin Dangga dan Wakil Bupati Rasyid, serta unsur Forkompinda dan Kepala SKPD. Lebih istimewa dengan hadirnya tokoh yang berjasa akan lahirnya Konawe Selatan.

Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo mengungkapkan, momentum HUT Konsel ke 19 jadi tonggak untuk introspeksi. Mengevaluasi pembangunan daerah dalam upaya meningkatkan kualitas ekonomi, pendidikan, dan kesehatan masyarakat. “Atas nama pimpinan dan segenap anggota DPRD, kami menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah. Dirgahayu Kabupaten Konawe Selatan ke- 19. Mari bersama meningkatkan kualitas daerah dan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. (b/ ndi)

  • Bagikan