Pemkab Konsel Jamin Produk Daging ASUH

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) berupaya memastikan produk daging di wilayah tersebut higienis serta aman, sehat, utuh dan halal (ASUH). Karena itu, Pemkab melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan memperketat lalu lintas perdagangan hewan ternak. Plt Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Konsel, Suwardi mengungkapkan, pihaknya melakukan pengawasan keluar masuk hewan ternak pada dua lokasi di Kecamatan Konda dan Ranomeeto.

“Kami telah membentuk tim yang terdiri dari mantri peternakan. Melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan, terhadap lalu lintas ternak dan bahan asal ternak,” ungkapnya, kemarin.
Ia menambahkan, secara teknis tim berkoordinasi dengan pihak kecamatan, desa dan Polsek setempat untuk melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat-surat. Seperti surat keterangan kesehatan hewan (SKHH), juga pengantar dari Pemerintahan Desa.

“Upaya yang dilakukan ini untuk menghindari penularan penyakit. Serta menyediakan produk daging yang higienis serta ASUH. Juga, pemeriksaan hewan betina produktif yang melintas masuk dan keluar dari wilayah Konawe Selatan,” tandas Suwardi. (c/ndi)

  • Bagikan