Usung Misi Wajib Menang

  • Bagikan

--Malam Ini, Timnas Indonesia Lawan Filipina di GBK

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Timnas Indonesia mengusung misi wajib menang saat menjamu Timnas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa malam (11/6/ 2024), pukul 19.30 WIB. Ini laga keenam. Sekaligus pertandingan terakhir Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Bagi Timnas Indonesia, laga ini sangat krusial. Sebab, akan menjadi salah satu penentu, lanjut atau tidaknya Timnas Garuda. Hasil positif atau kemenangan, akan memastikan Marselino dan kawan-kawan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Merujuk poin di klasemen sementara grup F, Timnas Indonesia berada di posisi kedua dengan 7 poin, usai kalah dari Timnas Irak dalam pertandingan yang digelar di SUGBK, 6 Juni 2024 lalu. Timnas Indonesia dipepet oleh Timnas Vietnam dengan 6 poin.

Melihat klasemen sementara ini, bisa bahaya kalau Timnas Indonesia imbang atau kalah dari Timnas Filipina. Sebab, jika di laga lain, Timnas Vietnam mampu mengalahkan Timnas Irak di laga terakhir, maka poin akhirnya Timnas Indonesia akan kalah.

"Tidak ada opsi lain, kita harus berjuang keras memenangkan laga ini. Saya berharap bisa menjadi pemain penting di laga ini dan mencetak gol," ungkap pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen sebagaimana dikutip dari Fajar.co.id, Senin (10/6/2024).

Senada disampaikan Marselino Ferdinan. Pemain muda andalan Timnas Indonesia ini juga berharap, bisa memberikan penampilan terbaiknya saat pertandingan melawan Filipina.

"Kami bekerja keras dalam latihan. Penguatan kerja sama di barisan pertahanan menjadi salah satu fokus utama. Kita ingin menang," tegasnya.

Sementara itu, di laman resmi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan kesiapan tim asuhannya menghadapi Timnas Filipina.

Coach Shin-sapaan akrabnya, mengaku akan bekerja keras untuk memenangkan pertandingan pamungkas melawan Timnas Filipina.

"Kita akan mempersiapkan tim lebih baik lagi. Saya dan tim, tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan lolos ke putaran ketiga," jelas Shin Tae Yong sebagaimana dilansir dari laman Fajar.co.id, Senin malam (10/6/2024).

Bagi Coach Shin, Timnas Filipina bukan lawan yang mudah dihadapi. Terbukti, dalam pertemuan sebelumnya, berakhir imbang 1-1. "Saya tekankan ke para pemain, supaya bekerja keras dan fokus. Jangan melakukan kesalahan yang tidak perlu," imbuhnya.

Ada 3 skenario yang bisa mengantarkan tim asuhan Shin Tae Young lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertama, Timnas Indonesia akan lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 jika menang melawan Filipina.

Kedua, Timnas Indonesia akan lolos ke putaran ketiga Kkalifikasi Piala Dunia 2026 jika imbang melawan Filipina, namun Vietnam tidak menang lawan Irak.

Ketiga, Timnas Indonesia akan lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 jika Indonesia kalah dari Filipina dan Vietnam juga kalah dari Irak.

Terpisah, Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si.,M.Si.M.Sc memprediksi kemenangan akan diraih skuad Garuda Muda dengan selisih 2 gol. Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) itu mengatakan skuad Garuda Muda memiliki peluang yang cukup besar melaju ke fase berikutnya dalam melawan Filipina.

“Pada pertandingan kali ini, Timnas Indonesia bisa memenangkan pertandingan dengan selisih 2 gol. In Sya Allah.Aamiin,” ujarnya kepada Kendari Pos, Senin (10/6/2024).

Ketua PSSI Sultra, Prof. Zamrun menyebut, pelatih dan pemain Timnas Indonesia akan berusaha semaksimal mungkin dalam memenangkan pertandingan melawan Filipina. “In Sya Allah saya yakin pelatih dan tim pemain kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenangkan laga ini. Karena ini laga krusial maka timnas akan berjuang dengan maksimal,” tegasnya.

Prof.Zamrun menjelaskan, rakyat Indonesia akan mendoakan dan mengiringi perjuangan skuad Garuda Indonesia. “Dan tentu saja yang paling penting adalah doa kita seluruh rakyat Indonesia harus mengiringi perjuangan Timnas Indonesia. In Sya Allah Indonesia bisa memenangkan laga ini dan melaju ke fase berikutnya di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia,” tuturnya.

Ia memprediksi salah satu pemain yang paling berpeluang akan membobol gawang Filipina yakni Ragnar Oratmangoen. “Ragnar Oratmangoen paling berpeluang untuk mencetak gol dalam laga ini. Mudah-mudahan dengan usaha keras timnas dan doa rakyat Indonesia, timnas bisa memenangkan pertandingan,” tutup Prof.Zamrun. (win/b/Fjr)

  • Bagikan