Pemulihan Pasca Bencana Banjir

  • Bagikan
Peserta Bimtek Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana yang digelar BPBD Sultra usai kegiatan bimtek, Rabu (27/3/2024).
Peserta Bimtek Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana yang digelar BPBD Sultra usai kegiatan bimtek, Rabu (27/3/2024).

--BPBD Gelar Bimtek Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) segera melaksanakan pemulihan pasca banjir bandang di Kota Kendari. Sebelum beraksi, BPBD menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasna) untuk membantu warga yang terdampak.

Kepala Seksi Rehabilitas Pasca Bencana BPBD Sultra Helen Dias Andhini mengatakan bimtek Jitupasna ini merupakan agenda tahunan BPBD sebagai bentuk kesiapan mengatasi dampak bencana.

Kepala Seksi Rehabilitas Pasca Bencana BPBD Sultra, Helen Dias Andhini

"Kita bekerja setelah bencana itu terjadi. Misalnya baru-baru ini bencana di Kampung Salo. Karena sekarang masa tanggap darurat sudah selesai, maka kita turunkan Tim Jitupasna yang sudah dibentuk skala provinsi sesuai surat edaran kepala BNPB," ujar Helen kepada Kendari Pos, Rabu (27/3/2024).

Helen menambahkan, melalui bimtek ini, seluruh tim Jitupasna bisa mendukung penguatan kelembagaan, menyampaikan informasi terkini terkait kebencanaan, serta melaksanakan rehabilitasi rekonstruksi pasca bencana sesuai dengan hasil bimtek dan pengolahan data jitupasna yang dihimpun dari berbagai stakeholder terkait.

"Data yang dihimpun oleh mereka (stakeholder) untuk menentukan kebijakan yang diambil pasca bencana. Ada beberapa aspek pembangunan (pasca bencana) berdasar pada jitupasna yaitu perumahan dan pemukiman, serta infrastruktur sosial. Keterlibatan semua unsur sangat dibutuhkan untuk pemulihan pasca bencana," pungkas Helen. (ags/b)

  • Bagikan