193 Tahun Kota Kendari

  • Bagikan
Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala (3 dari kiri) didampingi Plt. Kepala Dispora Kota Kendari Herry Ashak (2 dari kiri), bersama Pemimpin Redaksi Kendari Pos Inong Saputra (2 dari kanan) dan jajaran manajemen Kendari Pos usai diskusi podcast Kendari Pos Channel di Balai Kota Kendari, Rabu (27/3/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)
Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala (3 dari kiri) didampingi Plt. Kepala Dispora Kota Kendari Herry Ashak (2 dari kiri), bersama Pemimpin Redaksi Kendari Pos Inong Saputra (2 dari kanan) dan jajaran manajemen Kendari Pos usai diskusi podcast Kendari Pos Channel di Balai Kota Kendari, Rabu (27/3/2024). (MUH.ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

--Pemkot Melibatkan Masyarakat Meriahkan HUT Kota Kendari

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Saban 9 Mei, Kota Kendari memperingati Hari Ulang Tahun (HUT). Tahun 2024 ini, Kota Kendari berusia 193 tahun. Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari tengah bersiap menyambut HUT dengan menyiapkan berbagai lomba untuk menyemarakkan hari jadi Kota Lulo. Masyarakat pun turut dilibatkan dalam HUT tahun ini. Rangkaian kegiatan digelar sebelum puncak peringatan HUT Kota Kendari pada 9 Mei.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, kesiapan menyambut HUT Kota Kendari sudah digagas sejak Januari 2024 dimulai dari penetapan panitia dan penentuan berbagai lomba yang akan digelar. "Kita akan merayakan HUT Kota Kendari tahun 2024 ini secara sederhana namun berbasis masyarakat," ujarnya dalam podcast Kendari Pos Channel yang dipandu Pemimpin Redaksi (Pemred) Kendari Pos, Inong Saputra di Balai Kota Kendari, Rabu (27/3/2024).

Sekda Ridwansyah menjelaskan berbagai lomba yang melibatkan masyarakat akan digelar untuk menyemarakkan HUT Kota Kendari tahun ini yakni lomba kebersihan lingkungan, bola gotong, senam lansia, dan lurah idol.

Lomba kebersihan lingkungan melibatkan seluruh kelurahan, sekolah dan Puskesmas yang ada di Kota Kendari. "Kami harap, ini (lomba kebersihan) bisa menjadi sebuah gerakan berbasis masyarakat. Kalau berbasis masyarakat maka kebersihan tidak hanya dibebankan sama aparatur saja tetapi semua warga kota memiliki tanggungjawab yang sama untuk menjaga lingkungan Kota Kendari," ungkap Sekda Ridwansyah Taridala.

Khusus lomba kebersihan lingkungan, Pemkot Kendari menyiapkan 2 indikator penilaian yakni bendera putih dan bendera hitam. Bendera putih akan diberikan kepada kelurahan, kecamatan, sekolah dan Puskesmas yang sukses menjaga kebersihan lingkungan. Sebaliknya, bendera hitam bakal diberikan bagi mereka yang tidak maksimal dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sementara untuk senam lansia, lomba akan dilaksanakan langsung oleh Persatuan Senam Seluruh Indonesia (Persani). Adapun lomba gotong dan lomba permainan tradisional dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Kota Kendari dan instansi terkait. Ada pula lomba Lurah Idol yang akan dilaksanakan oleh Dekranasda Kota Kendari.

"Intinya berbagai lomba yang akan kita laksanakan sifatnya rekreatif dan tradisional. Ini kita tempuh untuk mereduksi high cost. Lomba yang sifatnya tradisional pesertanya adalah para pelajar. Tujuannya kita memperkenalkan beberapa permainan tradisional agar mereka bisa melupakan gadget," kata Sekda Ridwansyah Taridala.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kendari itu menambahkan, puncak peringatan HUT Kota Kendari bakal dilaksanakan di pelataran Eks MTQ. Lokasi itu dipilih untuk memudahkanakses masyarakat yang ingin menyaksikan kemeriahan HUT ke-193 Kota Kendari.

Sekda Ridwansyah juga memaparkan strategi pembangunan Pj Wali Kota Kendari saat ini yakni mewujudkan Kendari sebagai Kota yang Aman, Nyaman, dan Bahagia.

"Aman, Nyaman dan Bahagia merupakan strategi masa kepemimpinan Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muh Yusup. Ini spirit buat beliau dan menjadi semangat jajaran aparatur sipil negara," tuturnya.

Sekda Ridwansyah menjelaskan makna Aman adalah salah satu kebutuhan mendasar manusia. Aspek nyaman berarti berbicara persoalan kenyamanan hati warga kota dalam melaksanakan aktivitas produktif masing-masing. Pemerintah menyiapkan itu terutama pemanfaatan ruang. "Sedangkan aspek Bahagia itu adalah cita-cita kita," jelasnya.

Ia berharap seluruh warga Kota Kendari turut berpartisipasi dalam memeriahkan HUT Kota Kendari ini. "Nanti kita mulai dari bersih-bersih lingkungan sebagai wujud nyata partisipasi kita membangun kota," pungkas Sekda Ridwansyah. (ags/b)

  • Bagikan