Kemenkumham Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Kendari

  • Bagikan
Sekjen Kemenkumham yang juga Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto (enam dari kanan) dan Kakanwil Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba (empat dari kanan) beserta jajaran foto bersama sejumlah pejabat usai penyerahan bantuan korban banjir, kemarin.
Sekjen Kemenkumham yang juga Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto (enam dari kanan) dan Kakanwil Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba (empat dari kanan) beserta jajaran foto bersama sejumlah pejabat usai penyerahan bantuan korban banjir, kemarin.

-- Berbagi 1.000 Takjil di Beberapa Titik

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia (RI) melalui program "Kemenkumham Berbagi" menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di Kota Kendari, Selasa (26/3/2024). Kegiatan dimulai dengan pemberian bantuan korban banjir di SMPN 02 Kendari.

Penerima bantuan adalah warga dari 3 kelurahan yakni Kelurahan Kampung Salo, Kelurahan Sanua dan Kelurahan Sodohoa. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan bagi-bagi takjil di beberapa titik di Kota Kendari.

Bantuan diserahkan langsung Sekjen Kemenkumham RI yang juga Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto. Turut mendampingi Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio, Kakanwil Kenkumham Sultra Silvester Sililaba, Pj Wali Kota Kendari Muh Yusup, dan sejumlah pejabat lainnya.

Sekjen Kemenkumham yang juga Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto memberikan sambutan sebelum penyerahan bantuan.
Sekjen Kemenkumham yang juga Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto memberikan sambutan sebelum penyerahan bantuan.

Andap Budhi Revianto mengungkapkan, dirinya beserta jajaran Kemenhumham, hadir untuk bersilaturahmi, menyapa, dan berbagi dalam rangka meringankan beban masyarakat korban banjir.

Kakanwil Kemenkumham
Sultra,
Silvester Sili Laba
berbagi takjil kepada
pemulung.
Kakanwil Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba berbagi takjil kepada pemulung.

"Kami hadir untuk bersilaturahmi, sekaligus sebagai bentuk kepedulian terhadap semua korban banjir di Kota Kendari. Peristiwa bencana alam itu, menjadi perhatian dan mendorong empati kami keluarga besar Kemenkumham," kata Andap Budhi Revianto.

Dijelaskan, adapun bantuan yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp.500.000, dan paket sembako senilai Rp.200.000, kepada 281 warga.

Total bantuan masing-masing kelurahan yakni Kelurahan Sanua Rp58.800.000, Kelurahan Sodohoa Rp42.700.000 dan Kelurahan Kampung Salo Rp95.200.000.

"Alhamdulillah, kita dapat menyalurkan bantuan uang tunai dan paket sembako kepada 281 warga yang terdampak banjir di 3 tiga lokasi yakni Kelurahan Kampung Salo, Sanua, dan Kelurahan Sodohoa Kendari," jelasnya.

Warga tiga kelurahan korban banjir di Kota Kendari menerima bantuan dari Kemenkumham RI.
Warga tiga kelurahan korban banjir di Kota Kendari menerima bantuan dari Kemenkumham RI.

Andap juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Menteri Hukum dan Ham RI, Yasonna Laoly atas atensi dan bantuannya terhadap korban banjir di Kota Kendari.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menkumham beserta keluarga besar Kemenkumham yang telah menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Kota Kendari. Kami merasa senang dan terbantu akan hal ini," jelasnya.

Andap juga mendoakan agar Sultra senantiasa aman dan kondusif, serta terhindar dari dampak bencana hidrometeorologi.

"Prediksi dari BMKG dua bulan lagi kita akan memasukin bulan kemarau. Mari kita bermunajat kepada Allah SWT agar Sultra tetap aman, dan terhindar dari segala marabahaya," harapnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil KemenkumHAM Sultra, Silvester Sili Laba turut mengucapkan terima kasih kepada Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, Sekjen Kemenkumham RI yang juga Pj Gubernur Suktra, Andap Budhi Revianto serta jajaran KemenkumHAM RI lainnya atas bantuan yang diberikan di Sultra.

"Kami berterima kasih kepada pak Menteri Hukum dan HAM, Sekjen KemenkumHAM serta jajaranya, karena telah memberikan perhatian kepada Sultra atas bencana banjir yang menerpa pada awal Maret lalu. Bantuan sosial ini juga menjadi momen silaturahmi dan mempererat hubungan antara jajaran kemenkumah Sultra dan KemenkumHAM RI di bulan suci ramadan ini," ujarnya, Selasa (26/3)

Ia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah daerah, dalam hal ini Pj Gubernur Sultra, Sekda Sultra dan Pj Wali Kota Kendari dan seluruh jajaran, baik camat dan lurah yang menjadi sentral kegiatan KemenkumHAM di Kota Kendari.

"Kami sangat berterima kasih, karena apresiasi sangat menggembirakan pula dari masyarakat Kota Kendari atas penyerahan bansos dan pembagian takjil di beberapa titik dari KemenkumHAM RI di momen bulan suci ramadan ini. Saya juga berterima kasih kepada insan pers yang selalu membantu dan mengingatkan dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat," pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan turut dihadiri Pj Gubernur Sultra, Sekda Provinsi Sultra, Pj Wali Kota Kendari, Kepala Biro SDM Kemenkumham beserta jajaran, Kakanwil beserta Kepala UPT Kanwil Kemenkumham Sultra, Camat dan Lurah, serta Kepala SMPN 2 Kendari beserta guru dan siswa, serta 281 yatim piatu dan kaum dhuafa penerima bantuan. (adv/rah)

  • Bagikan