Ruksamin Kian Matang Tarung di Pilgub

  • Bagikan
Ruksamin, Bakal Calon Gubernur Sultra/Ketua DPW PBBB
Ruksamin, Bakal Calon Gubernur Sultra/Ketua DPW PBBB

--Pengamat : Ruksamin Berpengalaman Himpun Kekuatan dan Bangun Koalisi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Bulan Bintang (PBB) Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin kian matang tarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra pada 27 November 2024. Konsolidasi internal dan eksternal parpol ditunaikannya. Sosialisasi di tengah masyarakat rutin digelar Ruksamin untuk meningkatkan popularitas, elektabilitas dan menarik simpati calon pemilih.

Tak hanya itu, PBB di Pemilihan Legislatif (Pileg) 14 Februari lalu, menorehkan prestasi gemilang dengan meraih 4 kursi di DPRD Provinsi Sultra. Modal 4 kursi itu dinilai cukup kuat bagi Ruksamin menempuh konsolidasi dalam membangun koalisi partai politik agar memenuhi syarat 9 kursi untuk mengusung 1 pasangan calon di Pilgub Sultra.

“Alhamndulillah, PBB meraih 4 kursi. Terima kasih kepada masyarakat Sultra yang telah memilih caleg PBB. Selanjutnya kami fokus menatap pilgub Sultra,” kata Ruksamin kepada Kendari Pos, Senin (25/3/2024).

Bupati Konawe Utara (Konut) itu, mengaku persiapan tarung di pilgub Sultra terus ditata dengan baik. Tak hanya di internal PBB, kini juga sudah terbentuk tim relawan yang bergerak, bekerja di akar rumput. Tim relawan yang dimaksud bernama Selaras atau Selalu Ada Untuk Masyarakat Sultra.

“Tim relawan Selaras telah terbentuk kuat di 17 kabupaten dan kota se-Sultra. Dibentuk khusus untuk bekerja menyosialisasikan program saya jika menjadi Gubernur Sultra periode 2024-2029,” ujar Ruksamin.

Bupati Konut 2 periode itu terus membangun simpul-simpul kekuatan parpol untuk membangun koalisi. Ruksamin mengaku ada beberapa parpol telah dijajaki komunikasi dengan substansi berkongsi di pilgub. Namun terkait nama parpol mana saja yang telah dibangun komunikasi, ia belum bisa menyebutkan.

“Belum bisa kami bocorkan parpol mana saja yang telah kami bangun komunikasi untuk koalisi. Hal itu karena bagian dari strategi. Nanti saat yang tepat baru bisa disampaikan ke publik,” beber Presidium Korps Alumni HMI (Kahmi) Sultra itu.

Sementara itu, pengamat politik Sultra Dr.Muh Najib Husain, S.Sos., M.Si mengatakan, komposisi 4 kursi di DPRD Sultra yang diraih PBB, tidak lepas dari pengaruh besar Ruksamin membantu para caleg PBB berjuang di tengah masyarakat pada Pemilu 14 Februari 2024. “Faktor figur Ruksamin sebagai aktor yang turun langsung membantu calegnya sangat berpengaruh,” ujarnya kepada Kendari Pos, Senin (25/3/2024).

Hal senada disampaikan pengamat politik lainnya, Andi Awaludin Ma’ruf, SIP., M.Si. Dia mengatakan, militansi Ruksamin bekerja di tengah masyarakat membantu maksimal caleg DPRD Provinsi Sultra, menjadi variabel utama PBB meraih 4 kursi. Motivasi tersebut tak lepas dari misi Ruksamin bakal maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 27 November 2024.

“Ruksamin telah bekerja jauh-jauh hari, tidak hanya membesarkan namanya, namun juga konsisten menggaungkan PBB agar tertanam kuat di nalar masyarakat. Puncaknya Ruksamin saat kampanye Pemilu 2024, terlihat jelas konsolidasi kader yang didorong bertarung benar-benar matang dengan perhitungan terukur berjuang untuk menang,” kata Awaludin Ma’ruf.

Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) itu menilai dengan raihan 4 kursi PBB di DPRD Sultra menjadikan peluang Ruksamin maju di Pilgub 2024, semakin terbuka lebar. Dengan pengalaman bertarung di Pilkada Konawe Utara 2 periode, Ruksamin sangat berpengalaman untuk menghimpun kekuatan dan membangun koalisi parpol agar memenuhi syarat 9 kursi sebagai tiket mencalonkan diri di pilgub.

“Namun jika Ruksamin berhasrat menjadi 01 di Pilgub, maka sudah harus dimulai saat ini melakukan manuver untuk mendapatkan restu dukungan parpol lain yang memiliki kursi di DPRD Sultra,”ujar Awaludin Ma’ruf.

Awaluddin menjelaskan, ketokohan Ruksamin di Sultra tak diragukan. "Ketokohan Ruksamin tidak hanya di tingkat lokal, namun punya jaringan nasional bahkan di level Asia," ungkapnya.

Pengaruh tersebut sangat dibutuhkan bagi calon gubernur. Sehingga tatkala terpilih, tidak menemui kesulitan saat lobi politik untuk pembangunan daerah. “Yang menjadi pekerjaan penting bagi Ruksamin adalah meningkatkan elektabilitas di tingkat akar rumput. Karena variabel tersebut sangat penting, apalagi dalam koalisi parpol pasti partai dalam menentukan pilihan untuk figur menggunakan survei,” tandas Awaluddin. (ali/b)

  • Bagikan