Lima Proyek Strategis Segera Dilelang

  • Bagikan
Muhammad Said
Muhammad Said

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dokumen lelang lima proyek strategis di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) tengah disiapkan. Di bulan Ramadan ini, paket proyek strategis yang bakal dilelang adalah pembangunan Kantor DPRD, Rujab Bupati, jalan Kolowa-Waara, jalan poros simpang lima tugu Labungkari-Lakapera, dan jalan masuk perkantoran Labungkari. Informasi itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Muhammad Said.

“Semua masih persiapan lelang. Insya Allah kita lelang Ramadan ini,” ujar Muhammad Said kepada Kendari Pos, Minggu (17/3).

Said menjelaskan, kondisi jalan kabupaten saat ini telah mencapai kemantapan tinggi. Dari total panjang jalan kurang lebih 499 km (berdasarkan SK terbaru), 60 persen jalan poros Buteng dalam kondisi yang sangat baik. Tinggal beberapa akses jalan yang menghubungkan antar desa yang perlu dibangun dan ditingkatkan. Pemerintah Kabupaten Buteng berkomitmen akan memperbaiki jalanjalan tersebut untuk membuka isolasi di desa-desa.

“Misalnya, di Desa Dahiango dan Kanapanapa, itu kan belum. Untuk poros-poros utama, itu sudah. Tinggal poros-poros penghubung antar desa. Misalnya, Waliko-Lowu lowu. Masih banyak poros-poros yang perlu dimantapkan untuk membuka isolasi. Poros-poros utama untuk pariwisata sudah mantap,” imbuhnya.

Mantan Sekretaris Dinas Pariwisata Buteng itu menambahkan, pengerjaan kantor DPRD Buteng tahun ini akan menelan anggaran Rp9 miliar sedangkan rumah jabatan bupati sebesar Rp3,4 miliar.

Selain lima proyek strategis itu, PU juga akan melanjutkan pembangunan tugu berkah Labungkari. Rencananya, kerangka bangunan akan ditutup dan dipasangkan kubah di puncaknya guna melindungi tugu dari risiko kerusakan akibat terpapar hujan dan sinar matahari.

“Kondisinya saat ini terbuka. Maka perlu ditutup kerangkanya. Kita akan sesuaikan dengan kemampuan anggaran. Kurang lebih Rp1,8 miliar,” pungkasnya. (uli/c)

  • Bagikan