14 Tower BTS akan Dibangun di Wakatobi

  • Bagikan
Kepala Diskominfo Sultra Ridwan Badalla (kiri) saat meninjau lokasi pembangunan tower BTS di Wakatobi.
Kepala Diskominfo Sultra Ridwan Badalla (kiri) saat meninjau lokasi pembangunan tower BTS di Wakatobi.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sebanyak 14 tower BaseTransceiver Station (BTS) akan dibangun di Wakatobi. Mengingat, 14 wilayah di Wakatobi dinyatakan sebagai area blank spot.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sultra Ridwan Badallah didampingi Sekretaris Daerah Wakatobi, Nadar memantau beberapa titik blank spot, pekan lalu. Di antaranya Desa Darawa dan Lentea Kecamatan Kaledupa Selatan, dan Pantai Onemelangka Kelurahan Sowa Kecakatan Togo Binongko serta Pantai Yoro Kelurahan Wali Kecamatan Binongko.

Ridwan Badallah mengatakan Pemprov Sultra melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2024 akan membangun empat buah tower BTS. Sementara sebanyak 10 tower lagi akan anggarkan melalui anggaran Kementerian Kominfo. “Kita akan memfasilitasi audiens antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi dengan Kementerian Kominfo RI sehingga seluruh titik blank spot yang ada di Wakatobi dapat terselesaikan tahun 2024,” ujarnya.

Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung sektor unggulan program Bupati Wakatobi Haliana yakni pariwisata harus memiliki konektivitas jaringan telokomunikasi yang baik.

Sementara itu, Sekda Wakatobi, Nadar menjelaskan Wakatobi sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan Top 10 Destinasi Pariwisata Nasional memerlukan jaringan telekomunikaai yang merata di seluruh wilayah Wakatobi.

Sementara itu, Kadis Kominfo Wakatobi, Muh. Salimuddin berharap agar seluruh titik blank spot yang ada di Wakatobi dapat teratasi secepatnya melalui dukungan Pemerintah Provinsi Sultra maupun dari Kementerian Kominfo. “Kita juga berharap kepada bapak Bupati Wakatobi, H Haliana untuk tidak hentihentinya menyuarakan kepada Gubernur Sultra dan Sekda Sultra agar permasalahan jaringan telekomunikasi di Wakatobi sudah dapat tuntas tahun ini,” tandasnya. (thy/c)

  • Bagikan