Dukung Percepatan Peningkatan Infrastruktur Butur

  • Bagikan
PROKOPIM SETKAB BUTUR FOR KENDARI POS DUKUNGAN PUSAT : Bupati Butur, Muhammad Ridwan Zakariah (kiri) ketika mendampingi Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ir. Ridwan dalam kunjungan kerjanya di daerah itu.
PROKOPIM SETKAB BUTUR FOR KENDARI POS DUKUNGAN PUSAT : Bupati Butur, Muhammad Ridwan Zakariah (kiri) ketika mendampingi Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ir. Ridwan dalam kunjungan kerjanya di daerah itu.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID. -- Aspirasi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) disampaikan kepada wakil rakyat di DPR RI. Terbaru, Bupati, Dr. H. Muhammad Ridwan Zakariah, menerima kunjungan kerja Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ir. Ridwan, di otoritanya. “Momentum itu kami manfaatkan untuk meminta dukungan percepatan pembangunan infrastruktur transportasi, sesuai prioritas dalam RPJMD Butur tahun 2022-2026,” jelas Ridwan Zakariah, kemarin.

Melalui instruksi presiden (Inpres) nomor 3 tahun 2023 tentang percepatan konektivitas jalan daerah, Pemkab Butur dan instansi teknis diminta menemui pihak Kementerian PUPR serta Menteri Perhubungan untuk menyampaikan rencana serta progres pembangunan strategis di daerah itu.

“Secara kelembagaan kami akan bersurat sekaligus menemui pihak kementerian terkait untuk memprioritaskan penanganan ruas jalan provinsi yang ada di Kabupaten Buton Utara melalui Inpres jalan daerah. Peningkatan infrastruktur jalan daerah yang terkoneksi dengan pusat kota Kabupaten Buton Utara dan Baubau, sangat penting. Itu akan menjadi penunjang perkembangan kawasan perkebunan, perikanan, simpul transportasi dan termasuk peningkatan kemantapan jalan provinsi,” papar Anggota DPR RI asal Sulawesi Tenggara, Ir. Ridwan.

Untuk rencana pembangunan bandar udara (Bandara) baru di Butur, saat ini sudah dilakukan studi kelayakan Amdal serta update dokumen, juga data master plan dan fasibility study juga sudah selesai disusun. “Kami juga akan menyampaikan kepada Menteri Perhubungan untuk memprioritaskan penetapan lokasi Bandara Lantagi, termasuk peningkatan pembangunan Pelabuhan Lelamo/Wodeburi,” janjinya dalam kunjungan yang juga sekaligus meninjau jalan provinsi poros Ereke-Lambale, Kulisusu Barat. (c/had)

  • Bagikan