Dosen FKIP UHO Kembangkan Pembelajaran Berbasis Digital

  • Bagikan
Foto bersama usai kegiatan. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)
Foto bersama usai kegiatan. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Guna mendukung pembelajaran berbasis digital, Dosen Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo (FKIP UHO) Kendari, melaksanakan Penyelenggaraan dan Pembelajaran berbasis digital.

Ketua Tim Dosen, Salim, mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung pembelajaran digital untuk menjawab tantangan saat ini.

Sistem pembelajaran digital tersebut adalah hasil dari dana hibah yang berhasil diperoleh jurusan untuk program bantuan pengembangan dan penyelenggaraan pembelajaran digital (P3D).

“Hibah ini diikuti oleh semua program studi se-Indonesia dalam lingkup Kemdikbudristekdikti, dan alhamdulillah FKIP lolos untuk mewakili Universitas Halu Oleo. Dengan begitu pembelajaran yang dilakukan nantinya itu akan berbasis digital sesuai dengan kebutuhan saat ini," terangnya.

Salim juga menjelaskan, bahwa hibah tersebut, juga sebagai upaya mendorong perguruan tinggi lebih aktif memanfaatkan teknologi digital dalam mengembangkan materi digital untuk mendukung proses pembelajaran. Melalui program ini, pihaknya telah menghasilkan mata kuliah daring terbuka yang telah di restore pada Spada Kemdikbudristekdikti, yang dapat mendukung proses belajar mandiri bagi mahasiswa.

"Pada course mata kuliah tersebut terdapat berbagai elemen learning object material (LOM) yang telah dihasilkan, yakni sumber belajar video sebanyak 15 buah animasi dalam bentuk augmented reality sebanyak 13 marker AR," terangnya.

Kemudian, slide presentasi sebanyak 5, dokumen pdf 10, teks page ada pada setiap topik, dan infografis sebanyak 2. “Untuk mata kuliah yang di restore di spada kemdikbud yaitu teknologi informasi yang dapat diakses melalui link lmsspada.kemdikbud. go.id/course/view.php?id=3764,” tutur Salim.

Ia pun menambahkan, bahwa adapun proses pembelajarannya dilakukan dengan metode Case-based Teaching Method (CBT) dan Project-based Learning (PjBL), dan metode tersebut telah dirancang aktivitasnya pada LMS spada kemdikbud.

Mahasiswa yang tergabung untuk mengikuti perkuliahan di SPADA Kemdikbud ini berasal dari UHO Kendari maupun dari luar. "Mahasiswa dari UHO tersebut, yaitu dari Program Studi PG-PAUD dan dari Universitas Luar yakni Universitas Muhammadiyah Kendari, Universitas Tribuana Kalabahi, dan STKIP PGRI Metro. “Jumlah keseluruhan mahasiswa yang saat ini mengikuti pembelajaran digital sebanyak 72 orang,” pungkasnya. (win/b)

  • Bagikan