FT UHO Siap Terapkan ZI Menuju WBK

  • Bagikan
Wakil Dekan II FT UHO, Dr. H. Ishak Kadir, ST, MT., IPM (tengah), dalam sebuah kegiatan di FT UHO. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)
Wakil Dekan II FT UHO, Dr. H. Ishak Kadir, ST, MT., IPM (tengah), dalam sebuah kegiatan di FT UHO. (EWIN ENDANG SAHPUTRI/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pada 12 Oktober 2023 lalu, Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (FT UHO) telah melakukan penandatanganan pakta integritas tentang Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui kegiatan Pencanangan Zona Integritas FT UHO. Dan November lalu, LLDikti telah melakukan penilaian secara online.

Wakil Dekan II FT UHO, Dr. Ir. Ishak Kadir, ST, MT., IPM., mengatakan bahwa FMIPA UHO sudah lebih awal menerapkan WBK. Selanjutnya, FT UHO juga ditetapkan sebagai unit yang menerapkan Zona Integritas berdasarkan SK Rektor UHO. Adapun persiapan yang telah dilakukan sebelum pencanangan, yaitu Diklat bagi pimpinan yang dilaksanakan di Balai Diklat Kemendikbudristek RI di Depok sekaligus penandatanganan pakta integritas komitmen bersama sebagai mitra strategis Internal Kemndikbudristek untuk membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM Tahun 2023.

“Pada November 2023 lalu syarat ZI menuju WBK sudah di upload dan sudah dilakukan penilaian. Dalam penilaian tersebut masih ada revisi-revisi yang akan kami benahi. Saat ini kami sementara benahi,” ujarnya.

Ishak Kadir menjelaskan, bahwa FMIPA UHO menjadi percontohan kepada unit-unit kerja yang ada di UHO dalam hal penerapan ZI menuju WBK. Adanya pencanangan ini akan menjadi contoh sistem pemerintahan yang baik, efektif dan efisien sehingga dapat melayani masyarakat dengan tepat, cepat, dan profesional serta menghapus praktik- praktik korupsi, kolusi dan nepotisme dan lemahnya pengawasan. "Kami di FT UHO sudah siap dengan WBK,” jelasnya.

Di FT UHO standar layanan yang menunjang terwujudnya ZI WBK itu sudah dilakukan. Sehingga diharapkan tahun 2024 FT UHO dapat meraih sertifikat pengakuan WBK. “Kita berharap agar secepatnya kita dapat pengakuan. Dengan begitu minat dan kepercayaan masyarakat terhadap FT UHO makin meningkat,” ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa dalam Zona Integritas (ZI), predikat yang ingin dicapai dalam 1 tahun ke depn di tahun 2024 adalah Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan 2 tahun berikutnya diharapkan dapat mencapai predikat WBBM yang diberikan kepada unit FT UHO yang berdampak kepada perubahan pola pikir (mindset) dan perubahan perilaku (mind cultulture) pimpinan beserta jajarannya, serta mempunyai komitmen dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik” pungkas Ishak Kadir pada Kendari Pos. (win/b)

  • Bagikan