Haliana Paparkan Potensi Perikanan di Bappenas

  • Bagikan
H. Haliana
H. Haliana

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Potensi perikanan budi daya dipaparkan Bupati Wakatobi, H. Haliana, pada Forum Bisnis Modeling Hilirisasi Rumput Laut. Presentasi tersebut didampingi sejumlah pejabat teknis lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab), sekaligus bersilaturahmi dengan Direktur Kelautan dan Perikanan pada Bappenas RI, Mohamad Rahmat Mulianda.

Selain berdiskusi tentang potensi kelautan dan perikanan di oritanya, Wakatobi mendapatkan kabar baik pada pertemuan tersebut. Pekan ini akan ada tim ke Wakatobi untuk survei meeting, incentive, convention, exhibition (MICE) dan akan menjadi tuan rumah pertemuan internasional, Blue Food Forum.

Alhamdulillah setelah kami memaparkan potensi perikanan budi daya, khususnya rumput laut bersama Kadis Perikanan serta Plt Kepala Dinas PTSP di Direktorat Kelautan dan Perikanan Bappenas RI, kami mendapatkan kabar baik bawa akan ada tim yang akan survei di Wakatobi,” ulang Haliana, menegaskan, Senin (23/10).

Dalam konteks pertemuan forum “makanan biru” nanti, Wakatobi-1 itu mengaku patut mendapat perhatian, karena kontribusinya terhadap ketahanan pangan, nutrisi, dan penghidupan. “Blue food didefinisikan sebagai semua organisme akuatik yang dapat dimakan. Termasuk ikan, kerang dan alga dari sistem produksi laut serta air tawar (akuakultur dan perikanan),” tambahnya.

Haliana meminta dukungan seluruh masyarakat Wakatobi agar semua program yang diupayakan dapat berjalan dengan lancar demi Wakatobi maju dan masyarakat sentosa. Untuk diketahui, sebelumnya pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan bersama Pemkab Wakatobi, juga telah menggelar focus group discussion peluang investasi usaha rumput laut di daerah tersebut. (c/thy)

  • Bagikan