Asmawa Usul Penataan Teluk ke Pusat

  • Bagikan
TATA KAWASAN TELUK : Tambat labuh atau Anjungan Teluk Kendari menjadi bagi dari proyek penataan kawasan teluk. Untuk mengintegrasikan program yang ada, Pemkot Kendari mengusulkan proyek penataan teluk ditangani KemenPUPR. (MUHAMMAD ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)
TATA KAWASAN TELUK : Tambat labuh atau Anjungan Teluk Kendari menjadi bagi dari proyek penataan kawasan teluk. Untuk mengintegrasikan program yang ada, Pemkot Kendari mengusulkan proyek penataan teluk ditangani KemenPUPR. (MUHAMMAD ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)

-Kepala PFID Siap Memfasilitasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Teluk Kendari begitu potensial untuk dikembangkan menjadi spot wisata unggulan. Meski langkahnya sudah dimulai, namun pengembangannya masih jauh dari kata maksimal. Atas dasar itulah, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mencoba mengambil terobosan dengan berkolaborasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR).

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengupayakan kawasan Teluk Kendari menjadi spot wisata unggulan daerah. Makanya, ia mengajak semua pihak untuk berpartisipasi mengembangkan kawasan tersebut. Salah satunya membangun kemitraan dengan Kementerian PUPR.

Menurutnya, kawasan Teluk Kendari menjadi salah satu primadona pariwisata daerah sehingga perlu ditata menjadi lebih baik. Rencananya, pihaknya akan menata kawasan sisi utara Teluk Kendari.

"Jembatan Teluk Kendari didanai Kementerian PUPR, termasuk Penataan Permukiman Kumuh di bagian Selatan Teluk Kendari, kami berharap pemerintah pusat juga memberi sentuhan di sisi Utara Teluk sehingga akan ada integrasi Kawasan Teluk Kendari sebagai satu kesatuan,” kata Asmawa Tosepu kemarin.
Asmawa yakin, sukses menata kawasan Teluk Kendari bisa mendukung keindahan wajah kota termasuk bisa mengatasi masalah banjir dan mengurangi sedimentasi.

"Penataan kawasan Teluk Kendari ini juga menjadi salah satu upaya ini mampu mendorong percepatan pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kota Kendari," kata Asmawa.

Sebelumnya, Kepala Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah (PFID) Kementerian PUPR, Krisno Yuwono mengapresiasi usulan Pemkot Kendari terkait penataan kawasan Teluk Kendari.

"Kami sarankan agar Pemkot Kendari mengajukan permohonan dukungan kepada Menteri PUPR untuk bisa difasilitasi melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dibidang Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah," pungkasnya. (b/ags)

Penataan Teluk Kendari
-Usul Dibiayai KemenPUPR
-Dikembangkan Jadi Spot Wisata Unggulan
-Giliran Kawasan Utara Teluk
-Terintegrasi Satu Kesatuan
-Percepatan Pembangunan Infrastruktur
-Dorong Pertumbuhan Ekonomi
-Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Proyek Penataan Kawasan Teluk

  1. Tambat Labuh
    -Anjungan Teluk Kendari
  2. Sulap Kawasan Kumuh Menjadi Objek Wisata Baru
    -Bungkutoko-Petoaha
    -Puday-Lapulu
    -Bangun Water Front City
  3. Pedestrian Pinggir Laut
    -Penataan Taman
  • Bagikan