Pemkot Kendari Sukseskan Peringatan HPS 2023

  • Bagikan
Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mendampingi Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio memantau pelaksanaan Gerakan Pangan Murah di GOR Apriyani, kemarin.
Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mendampingi Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio memantau pelaksanaan Gerakan Pangan Murah di GOR Apriyani, kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- PEMERINTAH Kota (Pemkot) Kendari turut mensukseskan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2023 yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia, Senin (16/10/2023).

Di Kendari, Pemkot Kendari yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Ridwansyah Taridala menghadiri peringatan HPS di Pelataran Gelanggang Olahraga (GOR) Apriyani Kendari, Senin (16/10/2023).

Peringatan HPS tahun 2023 dilaksanakan, dalam rangka menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan daerah. Dalam HPS dirangkaikan dengan gerakan pangan murah (GPM), sebagai upaya memberikan kemudahan aksesibilitas pangan bagi masyarakat untuk memperoleh harga pangan murah dan berkualitas.

Kegiatan yang berlangsung secara daring ini, dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Pertanian (Mentan)/Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi, dan Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti.

Kepala Bappenas RI Arief Prasetyo Adi melayangkan permintaan khusus kepada Pemerintah Daerah (Pemda), Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan Badan Pusat Statistik (BPS), permintaan ini juga sesuai dengan Instruksi Presiden RI.

Plt. Kementan menyebut, sebanyak 640 ribu ton beras harus disalurkan kepada 21.353 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dalam tiga bulan. Permintaan ini disampaikan dalam rangka perayaan Hari PPS 2023 di Gedung Kementerian Pertanian (Kementan).

“640 ribu ton beras ini harus terbagi habis dalam tiga bulan untuk 21.353 juta KPM. Ini tugas yang diberikan kepada Badan Pangan Nasional bersama Bulog, tidak boleh main-main. Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan seluruh Indonesia juga harus dilakukan,” jelasnya.

Dirinya juga meminta kepala daerah yang masih belum memiliki beras, baik di pasar tradisional maupun pasar modern untuk menghubungi Bulog.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengapresiasi penyelenggaraan HPS tahun ini. Menurutnya, peringatan HPS menjadi momentum dalam menjaga ketersediaan pangan di daerah.

"Lewat Gerakan Pangan Murah, kami siap mensukseskan peringatan Hari Pangan Sedunia," ungkap Ridwansyah Taridala.

Sekadar informasi, gerakan pangan murah dalam rangka merayakan HPS 2023 ini berlangsung selama dua hari yakni tanggal 16-17 Oktober. Dalam GPM, tersedia sejumlah komoditi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, seperti beras, minyak goreng, gula, telur, bawang merah dan bawang putih serta gas 3 kg. (ags/adv)

  • Bagikan