Realisasi Investasi Baru Rp 68,9 Miliar

  • Bagikan
Ir. H. Mustamlin Daly
Ir. H. Mustamlin Daly

KENDARIPOSC.O.ID --Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Buton mencatat, capaian realisasi investasi untuk semester pertama tahun 2023 sebesar Rp 68,9 miliar. Angka itu masih terbilang jauh dari target yang diproyeksi mencapai Rp 189 miliar. Artinya, Kabupaten Buton baru merealisasikan target investasinya kurang lebih 37,36 persen.

Kepala DPM-PTSP Kabupaten Buton, Ir. H. Mustamlin Daly, mengatakan, realisasi investasi selalu meningkat signifikan setiap tahun. Bahkan dalam dua tahun terakhir, selalu naik dua kali lipat.

Olehnya itu, jika hingga triwulan kedua angka realiasi belum setengah dari target, namun disisa waktu yang ada masih berpeluang untuk mencapai proyeksi.

“Dengan adanya DAK non fisik fasilitas penanaman modal yang melekat pada DPM-PTSP, dirasa serba berkecukupan. Faktanya telah berhasil meningkatkan realisasi investasi secara signifikan di Kabupaten Buton mulai dari tahun 2020 hingga 2022,” optimis Mustamlin Daly, Selasa (29/8).

Mantan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Butn itu menambahkan, realisasi investasi di Kabupaten Buton pada tahun 2020 berada pada angka Rp 2,5 miliar dan secara sangat signifikan naik menjadi Rp 341 miliar pada tahun 2021 dari target awal sebesar Rp 21 miliar.

Selanjutnya pada tahun 2022 realisasi investasi tetap berada jauh di atas target. Awalnya diproyeksi sebesar Rp 43 miliar, namun realisasinya mencapai angka Rp 265 miliar.

“Sementara, pada tahun 2023 target realisasi investasi kembali meningkat sebesar Rp 189 miliar dan pada triwulan II capaian realisasi investasi Kabupaten Buton baru mencapai angka Rp 68,9 miliar atau 36,29 persen dari target yang ditentukan,” pungkas Mustamlin Daly. (c/lyn)

  • Bagikan