Proyek Fisik Mulai, Pacu Serapan Anggaran

  • Bagikan
Arisman
Arisman

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Progres pengerjaan sejumlah proyek infrastruktur di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) kian dimaksimalkan. Langkah tersebut sekaligus untuk memasifkan capaian serapan anggaran tahun 2023 ini.

Plt. Kepala Dinas PUPR Koltim, Arisman, memastikan, semua proyek fisik yang dikerjakan sudah on progres. Bahkan beberapa paket penunjukan langsung (PL) ada yang hampir tuntas dikerjakan pihak ketiga.

Diakui Arisman, saat ini serapan anggaran yang dicapai instansinya baru mencapai 30 persen. “Apalagi masih ada proyek yang belum masuk tahap tender karena menunggu review dari Inspektorat. Saya akan turun langsung memantau di lapangan untuk melihat kondisi proyek yang sementara berjalan. Pihak ketiga membutuhkan pengawasan dari pemerintah,” kata Arisman, Selasa (29/8).

Asisten I Setkab Koltim tersebut menjamin, semua pekerjaan paket proyek akan berakhir Desember mendatang, sesuai kontrak. Makanya September nanti, semua tender sudah harus rampung. Arisman menyebut, saat ini masih ada delapan paket proyek menunggu hasil review Inspektorat.

“Jika sudah selesai, maka segera dilengkapi berkasnya untuk diserahkan ke ULP Koltim agar dilakukan lelang. Ada pekerjaan box culvert, pembangunan Mall Pelayanan Publik hingga konstruksi lainnya dengan anggaran di atas Rp 400 juta. Kami akan terus memaksimalkan capaian serapan anggaran melalu percepatan pengerjaan proyek pemerintah. Tentu dengan tetap memerhatikan kualitas serta waktu kontrak pekerjaan pihak ketiga,” tandas Arisman. (c/kus)

  • Bagikan