Dibuka September, Tuntas Desember

  • Bagikan
Umar
Umar

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Peluang besar kini terbuka bagi para pencari kerja yang ingin mengabdikan dirinya untuk negara. Perekrutan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di tahun 2023 dialokasi sebanyak 543.593 di seluruh Indonesia. Pendaftarannya mulai dibuka September mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Konawe Kepulauan (Konkep), Umar, membenarkan, proses pendaftaran PPPK tahun 2023 akan dibuka mulai September. Untuk merampungkan seluruh tahapan perekrutan PPPK, mulai dari proses pendaftaran hingga penetapan calon PPPK yang dinyatakan lulus, diprediksi berakhir Desember nanti.

“Diusahakan tahapannya bisa selesai bulan Desember. Hal ini agar semua prosesnya bisa tuntas atau rampung tahun ini juga. Sebab 2022 lalu itu menyeberang tahun baru selesai,” ujar Umar, Selasa (29/8).

Nantinya setelah perekrutan PPPK tahun 2023 usai, maka kebutuhan tenaga pendidik dan kesehatan telah tuntas dan tidak memiliki kuota lagi. Itu sesuai data yang dimiliki Pemerintah Pusat.

"Pemkab Konkep pada perekrutan tahun 2023 mendapatkan jatah sebanyak 389 kuota untuk tiga formasi. 103 kuota untuk tenaga guru, 250 kuota tenaga kesehatan dan 36 bagi tenaga teknis,” rinci Umar.

Ia juga menerangkan, tahun 2023 ini pemerintah memprioritaskan tenaga honorer kategori II (K2) yang berusia di atas 35 tahun dalam proses perekrutan PPPK.

"Ketika K2 ini selesai, baru pegawai honorer yang akan diproses. Kalau untuk K2 yang penting kemarin sudah terdata. Karena banyak juga K2 yang tidak aktif. Tapi kalau datanya tetap aktif, tentu akan jadi prioritas,” pungkasnya. (c/jib)

  • Bagikan