BKN Cegah CASN Mundur, Sediakan Portal Karier

  • Bagikan
Dwi Putranto
Dwi Putranto

--Pendaftaran Seleksi CPNS Dibuka 17 September

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Para pemburu lowongan calon aparatur sipil negara (CASN) harus mulai bersiap. Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) telah menjadwalkan tahapan pelaksanaan seleksi CASN tahun anggaran 2023.

Pendaftaran seleksi akan dimulai 17 September sampai 6 Oktober 2023. Penjadwalan merujuk pada Menteri PAN-RB Nomor B/1871/M.SM.01.00/2023 tentang Penyesuaian Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun 2023.

Hasilnya, penjadwalan secara detail telah disampaikan kepada seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) instansi pemerintah pusat dan instansi daerah melalui Surat BKN Nomor 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023.

Plt.Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengungkapkan, seleksi tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, BKN menyediakan portal baru terkait karier ASN. Portal itu menampilkan informasi tentang uraian tugas, jabatan, hingga perkiraan pendapatan dari formasi yang dipilih.

Sebagai informasi, tahun ini ada 596 instansi, 72 kementerian dan lembaga, 33 pemprov, dan 491 pemerintah kabupaten/kota yang membuka formasi untuk menjadi pegawainya.

Total tersedia 572.299 formasi, dengan perincian 28.903 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 543.396 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). ’’Sehingga dapat membantu pelamar untuk memilih formasi sesuai keinginannya,’’ ujar Haryomo dalam keterangannya, kemarin.

Portal ASN Karier itu juga bertujuan agar nanti CASN tak mengundurkan diri dengan alasan jobdesk tidak sesuai atau gaji tidak seperti yang dibayangkan. Tahun lalu, sebanyak 1.921 peserta CASN yang sudah lulus menyatakan mengundurkan diri.

’’Portal ASN Karier ini sebagai upaya mewujudkan transparansi informasi kepada publik. BKN berkomitmen melakukan perbaikan sistem rekrutmen yang lebih profesional dan berintegritas,’’ tutur Haryomo.

Plt.Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Nur Hasan menambahkan, masyarakat yang ingin mendaftar seleksi CASN 2023 bisa mulai menyiapkan dokumen-dokumen persyaratan. Meliputi surat lamaran, KTP, kartu keluarga, ijazah, transkrip nilai, pasfoto terbaru berlatar belakang merah, dan dokumen lain sesuai ketentuan jenis seleksi dan instansi yang dilamar.

Nanti, pendaftaran dilakukan secara langsung melalui laman https://sscasn.bkn.go.id. ’’Pelamar diminta mencermati betul ketentuan pendaftaran yang diumumkan tiap instansi sebelum melakukan pendaftaran di portal SSCASN BKN,’’ tegasnya.

Setelah pendaftaran, peserta yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS), SKD dijadwalkan pada 4–13 November 2023. Sementara itu, SKB CPNS non-CAT pada 28 November–17 Desember 2023 dan SKB CPNS dengan CAT 11–17 Desember 2023.

Dalam SKD, peserta diberi waktu 100 menit untuk menyelesaikan tiga jenis tes. Yakni, tes wawasan kebangsaan yang terdiri atas 30 soal, tes intelegensi umum 35 soal, dan tes karakteristik pribadi 45 soal. Lalu, untuk SKB, peserta mendapat dua jenis soal. Yakni, soal tidak dominan hitungan sebanyak 100 soal dan dominan hitungan 80 soal. Total waktu yang diberikan 90 menit.

Untuk PPPK, nanti hanya dijadwalkan tes seleksi kompetensi pada 5–29 November 2023. Meski begitu, tes seleksi kompetensi itu masih dipecah lagi menjadi kompetensi teknis 90 soal, kompetensi manajerial 25 soal, dan kompetensi sosial kultural 20 soal. Kemudian, ada tes wawancara 10 soal. Calon peserta seleksi PPPK diberi waktu 130 menit untuk menyelesaikan soal-soal tersebut. (mia/c18/ttg)

  • Bagikan