Kepemimpinan Ruksamin Diakui Lembaga Internasional

  • Bagikan
Presiden WPO Bambang Herry Purnomo (Kanan) saat menyerahkan piagam World Peace Award 2023 kepada Bupati Konawe Utara Ruksamin (Kedua dari kiri).
Presiden WPO Bambang Herry Purnomo (Kanan) saat menyerahkan piagam World Peace Award 2023 kepada Bupati Konawe Utara Ruksamin (Kedua dari kiri).

--Bupati Konut Diganjar World Peace Award 2023

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID --Kepiawaian Ruksamin memimpin Konawe Utara (Konut), tidak hanya diakui nasional. Organisasi kaliber internasional pun mengakui kinerja Ruksamin. Buktinya, Bupati Konut 2 periode itu meraih award dari The World Peace Organization (WPO), yakni organisasi penggagas perdamaian dunia dalam bidang kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan. Bupati Ruksamin meraih penghargaan World Peace Award 2023 kategori Chief Achievement.

Presiden WPO Bambang Herry Purnomo (Kanan) saat menyerahkan piagam World Peace Award 2023 kepada Bupati Konawe Utara Ruksamin (Kedua dari kiri).

Penyerahan anugerah penghargaan bergengsi tersebut dilaksanakan di Grand Sahid Hotel Jakarta, Minggu (27/8) malam. Presiden WPO, Bambang Herry Purnomo mengatakan, penganugerahan World Peace Award kepada Bupati Konut Ruksamin, berdasarkan dedikasinya yang menelurkan program gemilang dibidang sosial khususnya pada sektor kesehatan, pendidikan, kebudayaan, bencana alam, dan lain-lain.

Bambang menjelaskan, beberapa catatan tim penilai atas prestasi Bupati Ruksamin memimpin Konut yakni kesuksesan penanggulangan Covid-19. Ruksamin dengan berani mendatangi warga Konut yang terpapar Covid-19 lalu kabur dari isolasi.

Bupati Konawe Utara Ruksamin terlihat akrab berinteraksi saat penerimaan World Peace Award 2023 di Jakarta.

"Saat banjir melanda Konut, Bupati Ruksamin tak hanya turun menyelamatkan warganya, namun membawa bantuan sembako. Ruksamin juga turut serta memikul beras demi melayani kebutuhan warganya," kata Bambang Herry Purnomo kepada Kendari Pos melalui sambungan telepon seluler, Senin (28/8), kemarin.

Bambang menjelaskan Bupati Konut, Ruksamin juga membangun prasasti perdamaian seluruh Paguyuban se-Sultra. Hal itu menunjukkan peran Ruksamin yang menghidupkan suasana pemerintahan bersama masyarakat yang heterogen, agar terhindar dari sensitifisme konflik. Sejalan dengan misi perdamaian dunia.

"Ruksamin juga mengaktifkan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Sultra maupun kebudayaan dari luar. Bahkan budaya se Indonesia yang terakulturasi dalam kegiatan yang dikomandoi Ruksamin selaku Ketua Komite Seni dan Budaya Nusantara atau KSBN Sultra," tutur Bambang.

Profil Bupati Konawe Utara Ruksamin saat ditayangkan dalam kegiatan penganugerahan World Peace Award 2023 yang diselenggarakan Organisasi Perdamaian Dunia atau Word Peace Organization (WPO)

Bambang menambahkan, Pemkab Konut dalam kepemimpinan Ruksamin juga menelurkan program kemanusiaan seperti menggratiskan biaya pengobatan bagi seluruh masyarakat. "Ruksamin memberikan beasiswa bagi putra-putri Konut yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi," imbuhnya.

Terpilihnya Bupati Konut, Ruksamin menerima penghargaan World Peace Award berangkat dari rekam jejaknya yang konsisten menyuarakan perdamaian. Kemudian peran aktif Ruksamin yang mendukung menjaga stabilitas sosial. Peran itu ditunaikan dengan berkolaborasi bersama TNI/Polri dan seluruh elemen masyarakat. Indikatornya, Ruksamin mengambil kebijakan yang tidak diskriminatif, dan tanpa membeda-bedakan antara etnis, agama, dalam membangun daerah, bangsa dan negara.

Sementara itu, Bupati Ruksamin menuturkan, penghargaan World Peace Award, ia persembahkan untuk seluruh masyarakat Konut. "Kerja-kerja saya selama ini berangkat dari rasa cinta yang mendalam untuk rakyatku di Konut. Maka yang kita raih ini, saya persembahkan utuh untuk masyarakat Konut," kata Bupati Ruksamin.

Diketahui, selain Bupati Ruksamin, penerima chief achievement World Peace Award 2023 adalah eks Menko Kesra dan Pengentasan Kemiskinan Haryono Suryono. Lalu Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Mastura, Bupati Gowa Adnan Purichta, dan Rektor IPDN Hadi Prabowo.

Sementara dalam kategori lifetime achievement, WPO memberikan penghargaan kepada Presiden Jokowi dan Presiden pertama RI Ir. Soekarno yang diwakili putranya, Guruh Soekarno Putra. Kemudian Penasihat Spiritual PBB Sri Chinmoy, mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, dan Paus Fransiskus dari Vatikan. (ali/b)

  • Bagikan