Pelantikan Pj.Bupati Menanti Gubernur

  • Bagikan
Muliadi

--Sekda Bombana, Buton dan Kolut jadi Plh.Bupati

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Masa tugas Penjabat (Pj) Bupati Kolut, Parinringi, Pj.Bupati Buton, Basiran dan Pj.Bupati Bombana, Burhanuddin berakhir 24 Agustus, kemarin. Calon penggantinya dikabarkan sudah tertuang dalam SK Mendagri, bahkan sudah mengikuti bimbingan teknis di Kemendagri. SK itu di tangan Pemprov Sultra, namun belum dapat diungkap ke publik.

Pelantikan 3 Pj.Bupati baru diagendakan oleh Gubernur Sultra Ali Mazi. Saat ini, Pemprov Sultra sedang menanti kepulangan gubernur dari dinas luar daerah. "Belum ada jadwal pelantikan, karena kita masih menunggu kepulangan pimpinan dalam hal ini pak gubernur. Karena saat ini masih dinas luar daerah," ujar Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Sultra, Muliadi kepada Kendari Pos, Kamis (24/8) kemarin.

Menurut Muliadi, sesuai aturan pelantikan Pj.Bupati oleh gubernur dilakukan di ibu kota provinsi. "Jadi kita menunggu petunjuk selanjutnya. Yang jelas pelantikan segera dilakukan dalam waktu dekat ini. Karena SK sudah ditangan Pemprov," katanya.

Pemprov Sultra sudah mengantisipasi terjadinya kekosongan pemerintahan daerah pasca ditinggal Pj.Bupati yang purna tugas. Pemprov menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) di 3 kabupaten itu menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati hingga pelantikan Pj.Bupati oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi.

"3 daerah itu dipimpin Plh.Bupati yakni Sekda masing-masing sambil menunggu ada pelantikan Pj.Bupati oleh gubernur selaku perpanjangan angan pemerintah pusat di daerah," jelas Muliadi.

Ditanya siapa saja figur yang telah ditunjuk Mendagri untuk menjadi Pj.Bupati di 3 daerah itu, Muliadi belum bisa memberikan keterangan lebih detil. "Kalau soal nama yang menjadi Pj.Bupati itu, bukan ranah kami, tapi itu adalah kewenangan pimpinan untuk menyampaikan," kelit Muliadi.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Sultra La Ode Mustari yang santer terdengar sebagai calon Pj.Bupati Buton mengaku pelantikan akan digelar hari Senin, 28 Agustus 2023. "Senin," ujarnya singkat melalui aplikasi pesan WhatsApp, kemarin.

La Ode Mustari dalam beberapa platform media online dan media sosial terlihat mengikuti bimbingan teknis di Kemendagri. Selain La Ode Mustari, terlihat Sukanto Toding dan Burhanuddin, mantan Pj.Bupati Bombana. (kam/c)

  • Bagikan