Mubar Didukung Polda Cetak SDM Berkualitas

  • Bagikan
Pj Bupati Mubar, Bahri melakulan penadatanganan MoU bersama Polda Sultra tentang pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat pencari kerja berdasarkan klaster kompetisi. Tampak Sekab Mubar, LM Husein Tali (pertama dari kiri) turut mendampingi. (Humas Pemkab Mubar For Kendari Pos)
Pj Bupati Mubar, Bahri melakulan penadatanganan MoU bersama Polda Sultra tentang pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat pencari kerja berdasarkan klaster kompetisi. Tampak Sekab Mubar, LM Husein Tali (pertama dari kiri) turut mendampingi. (Humas Pemkab Mubar For Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID --Sinergisitas Pemkab Muna Barat (Mubar) dan Polda Sultra terus diperkuat. Daerah otorita Bahri itu didukung Polda Sultra untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

Pj Bupati Mubar, Bahri, mengungkapkan kepolisian akan memberikan bimbingan dan pelatihan kepada masyarakat Mubar. Hal itu perlu dilakulan mengingat Mubar adalah daerah baru yang saat ini berusia sembilan tahun. Sehingga butuh dukungan dan kerja sama dengan seluruh stakeholder termasuk Polda Sultra untuk menciptakan masyarakat yang berdaya saing.

“Kita perlu terus berinovasi dan menjalin sinergi guna mendukung berbagai program di daerah dan program dari pemerintah pusat,” ungkapnya usai meneken memorandum of understanding (MoU) dengan Polda Sultra tentang pelaksanaan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat pencari kerja berdasarkan klaster kompetisi. Sebelumnya, Mubar dan Polda bersinergi untuk asesmen calon pejabat pimpinan tinggi pratama.

Katanya, warga Mubar memiliki animo tinggi untuk mengikuti penjaringan sebagai anggota Polri. Hanya saja kondisi geografis Mubar yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari pulau- pulau kecil menjadikan masyarakat sulit mengakses informasi. Sehingga mempengaruhi peluag itu. “Untuk itu, dengan kerja sama ini kita harapkan dapat menjembatani apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Mubar. Semua ini juga menjadi wujud nyata pemerintah daerah hadir di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kemendagri itu menambahkan penandatangan MoU itu merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah. Selain itu, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 22 tahun 2020 tentang Tata Cara Kerja Sama Daerah dengan daerah lain dan kerja sama daerah dengan pihak ketiga.

Sementara itu, Karo SDM Polda Sultra, Kombes Danang Beny K mengapresiasi Pemkab Mubar atas penandatanganan MoU tersebut. “Kami siap mendukung Pemkab dalam mewujudkan masyarakat Mubar yang berkualitas menuju sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing,” katanya.

Mengenai rekrutmen calon anggota Polri kedepan khusus untuk anak kepulauan dan pesisir akan diporsikan untuk Mubar. Untuk itu, pihaknya akan melaksanakan bimbingan tes. “Kita harap Pemkab Mubar dapat memfasilitasi anak-anak pesisir dalam mengikuti seleksi calon anggota Polri tersebut. Kami dari Polda Sultra akan mendukung,” pungkasnya. (ahi/b)

  • Bagikan