UMW Gencar Tingkatkan Kualitas Dosen

  • Bagikan
Rektor UMW, Dr.Ratna Umi Nurlila,S.Si.,M.Sc


--Punya 16 Doktor Lulusan UI, ITB, Unpad hingga Unhas

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Untuk meneguhkan kepercayaan masyarakat, Universitas Mandala Waluya (UMW) terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Dosen-dosen diberi ruang untuk meningkatkan kualitas keilmuan dan kualifikasi pendidikan. Dalam 2 tahun terakhir UMW telah memiliki 16 dosen berkualifikasi doktor. Ada yang disekolahkan oleh yayasan UMW dan sebagian lagi mendapat beasiswa dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti).

Rektor UMW, Dr.Ratna Umi Nurlila,S.Si.,M.Sc, mengatakan, dalam rentang waktu 2021-2023, 16 dosen menempuh pendidikan program doktoral (S3). 11 orang ditanggung oleh yayasan dan 5 orang memperoleh beasiswa dari LLDikti.

"Beberapa universitas ternama di tanah air menjadi tempat studi mereka. Mulai Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad) hingga Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Ada juga yang sedang study di luar negeri. Beberapa diantaranya sudah rampung dan ada juga yang mendekati penyelesaian," ujar Rektor UMW, Dr.Ratna Umi Nurlila kepada Kendari Pos, Jumat (7/7), kemarin.

Menurut Rektor Dr.Ratna Umi Nurlila, semua itu atas prakarsa yayasan UMW yang berkomitmen meningkatkan kualitas SDM akademisi. Sebab, salah satu aset terbesar sebuah universitas adalah SDM unggul, disamping sarana dan prasarana memadai.

"Hal ini tentunya keberhasilan dari sebuah lembaga yang bisa memanage keuangan, hingga dapat membiayai pendidikan dosen-dosennya demi kemajuan lembaga tersebut, seperti halnya yang di lakukan oleh manajemen di Yayasan Mandala Waluya saat ini," jelas Rektor Dr.Ratna Umi Nurlila.

Mantan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UMW itu berharap program belajar doktoral ini bukan hanya diikuti oleh para dosen kesehatan, namun prodi lainnya juga. Karena dengan selesainya program doktor membawa seseorang tersebut untuk bisa maju di jenjang selanjutnya yaitu guru besar. "Semakin banyak profesor dan doktor di sebuah universitas tentunya semakin menjadikan lembaga tersebut semakin bergengsi," paparnya.

Terlebih saat ini semakin banyak lembaga perguruan tinggi yang dibuka, hal itu menjadi kompetitor bagi masing-masing. Yakni ada 50 lembaga pendidikan perguruan tinggi dan 4 diantaranya merupakan perguruan tinggi negeri (PTN).

Hal ini tentunya membuat masing-masing perguruan tinggi, memiliki keunggulan, untuk tetap menjadi pilihan dan kepercayaan di masyarakat . "Untuk itu peningkatan SDM merupakan upaya yang sangat penting sangat dalam pengembangan sebuah universitas. Untuk itu terimakasih kami ucapkan kepada yayasan, yang telah menyekolahkan para dosen," tutup Rektor Dr.Ratna Umi Nurlila. (lis/ags/b)

Gencar Tingkatkan Kualitas Dosen

  • Bagikan