Siswa MAN 1 Kendari Wakili Sultra

  • Bagikan
La Tangkalalo, S.Pd., M.Pd., Kepala MAN 1 Kendari
La Tangkalalo, S.Pd., M.Pd., Kepala MAN 1 Kendari

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Siswa MAN 1 Kendari kembali mengukir prestasi. Kali ini salah satu siswanya, Muhammad Abdillah Surya, berhasil mewakili Sultra dalam Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia 2024.

Sebelummya, Muhammad Abdillah Surya dinyatakan lolos KOSSMI 2024 berdasarkan panduan dan sidang pleno Tim Akademik KOSSMI 2024 yang dilaksanakan tanggal 2 hingga 5 Mei 2024 lalu. Ia selanjutnya ditetapkan sebagai peserta yang lolos mengikuti babak final KOSSMI tingkat nasional bidang Kimia.

Dari jumlah peserta yang lolos final, yakni 54 terbaik di tingkat nasional, MAN 1 Kendari menjadi satu- satunya sekolah di Sultra yang akan mewakili provinsi menuju babak final yang akan diselenggarakan 26 Mei 2024 mendatang secara offline di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo menyampaikan apresiasi kepada siswa dan guru pembina asal madrasahnya itu dalam mempersiapkan dan mengikuti KOSSMI hingga lolos sebagai finalis tingkat nasional. “Kami sangat bangga atas capaian prestasi siswa MAN 1 Kendari. Tiap kali upacara, selalu ada penyerahan penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi, para pemenang lomba. Ini tentu didukung oleh kualitas guru. Keberhasilan siswa, keberhasilan guru juga. Siswa merupakan cerminan guru,” ungkapnya.

La Tangkalalo menegaskan bahwa guru-guru bersama siswa harus proaktif memajukan prestasi melalui lomba-lomba ataupun temuan-temuan. Karena itu akan mengisi kesiapan mental saat masuk di perguruan tinggi nantinya. “Kami berusaha memacu guru-guru dan siswa untuk terus berkarya, berinovasi, dan berprestasi di bidang apapun. Madrasah ini mendukung dan memfasilitasi kemajuan sumber daya manusia. MAN 1 Kendari menyiapkan siswa-siswanya agar bisa masuk di perguruan tinggi sesuai pilihannya melalui jalur prestasi,” bebernya.

Ia menjelaskan, bahwa tujuan lain mengikuti lomba adalah menghabituasi dan membentuk sikap-sikap positif siswa dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman yang kian waktu kian kompleks. “Generasi muda saat ini harus punya kesiapan berpikir agar tidak mudah terombang-ambing oleh zaman. Sebagai siswa, madrasah kami terus membekali mereka dengan sikap disiplin, kerja keras, tanggung jawab, berani, mampu menentukan sikap dan memecahkan masalah, serta sikap-sikap positif lainnya,” jelasnya.

La Tangkalalo berharap dan berusaha agar MAN 1 Kendari semakin maju kualitas sumber daya manusianya, baik guru maupun siswa. “Memberikan pembelajaran yang berarti kepada siswa, aktif mengikuti pelatihan dan kompetisi, serta mendorong siswa untuk memperkaya temuan-temuan baru,” tutupnya. (win/b)

  • Bagikan