Tumbuhkan Semangat, Kuatkan Jiwa Nasionalisme

  • Bagikan
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse (kanan) ketika menyerahkan secara simbolis Satyalencana Karya Satya pada ASN lingkup Pemkot, kemarin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 digelar secara nasional pada Senin, 22 Mei 2023. di Kabupaten Buton, Pj. Bupati, Basiran, memimpin langsung seremoni itu di alun-alun Takawa. Ribuan ASN berpakaian Korpri dan juga pelajar berbaris rapi mengikuti serangkaian acara yang berlangsung khidmat. Basiran menyampaikan, tujuan peringatan Harkitnas tahun ini untuk menumbuhkan semangat dalam memelihara, serta menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai landasan dasar dalam persatuan dan pembangunan. Juga untuk menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa bernegara. "Dan yang ketiga, memererat persaudaraan untuk memercepat terwujudnya visi dan misi bangsa ke depan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ungkap Basiran dalam sambutannya.

Basiran

Di Baubau juga digelar upacara serupa di halaman kantor wali kota, Palagimata. Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse menjadi inspektur upacara. Lewat arahannya, Monianse menyebut Harkitnas sebagai momentum untuk membangun semangat kebangsaan sebagai untuk upaya bangkit pasca pandemi. "Hari Kebangkitan Nasional saat ini juga dimaknai dengan memeringati perjuangan bersama. Ada nilai luhur sejarah yang harus senantiasa kita maknai untuk merasa bangga sebagai bangsa besar berkat pejuang-pejuang kita terdahulu," katanya.

Olehnya itu, Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, Pers, komunitas dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan perekonomian, hingga geopolitik sekalipun. "Pertumbuhan ekonomi kita terus mencatat angka positif sejak bangkit dari pandemi. Termasuk kita di Baubau dan akan kita pertahankan terus," tambahnya.

Di akhir rangkaian acara Harkitnas itu, Monianse menyerahkan Satyalencana karya Satya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebanyak 153 ASN lingkup Pemkot Baubau menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya dari Presiden RI, Joko Widodo. "Selamat kepada semua penerima, semoga ini menjadi cambuk untuk terus melayani dengan baik, tanpa sekat," pungkasnya. (c/lyn/mel)

  • Bagikan