Kanwil DJPb-Mata Garuda Gelar Lomba Bisnis Kompetisi 5ME2045

  • Bagikan

Membangun Ekosistem Pabrik Wirausaha Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan kementerian keuangan (DjPb) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Mata Garuda berkolaborasi untuk mendorong iklim kewirausahaan di wilayah Sultra. Melalui program beasiswa Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kompetisi usaha atau Business Competition, pihaknya menggelar roadshow Five Million Entrepreneurs (5ME2045) yang berlangsung di Aula kantor DJPb Sultra, (20/5) kemarin.


Kepala Kanwil DjPb Sultra, Syarwan mengungkapkan, LPDP merupakan lembaga pengelola dana di tingkat regional yang berada di bawah naungan empat kementerian, mulai dari Kementerian Keuangan, Kementerian Riset Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lembaga ini senantiasa berkomitmen besar untuk ambil bagian mempersiapkan masa depan anak bangsa melalui program beasiswa, pendanaan, riset dan pengelolaan usaha investasi.
“Saat ini LPDP telah meluncurkan program kegiatan 5ME2045: LPDP Business Competition untuk menciptakan 5 juta pengusaha di tahun 2045 mendatang. Hal itu diwujudkan dengan kegiatan roadshow di seluruh wilayah Indoensia seperti hanya yang dilakukan di Sultra ini dengan menggandeng mitra kerja VIC Mata Garuda,” ungkapnya.


Sementara itu, Koordinator wilayah Mata Garuda Sultra, Salmatian Safiuddin menjelaskan, pihaknya telah ditunjuk oleh LPDP untuk melaksanakan kegiatan lomba bisnis kompetisi khususnya di wilayah Sultra yang bertujuan untuk menumbuhkan 5.000 benih enterpreneur muda Indonesia.
“Adapun peserta dari kegitan ini adalah alumni awarde penerima beasiswa dari LPDP, lalu ada juga dari tingkat mahasiswa dan umum serta tingkat SMA/SMK sederajat yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dan salah satunya di wilayah Sultra. Untuk di Sultra sendiri ini adalah kegiatan perdana yang diikuti sekira 100 perserta dari alumni awarde LPDP dan mahasiswa,”jelasnya.


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun ekosistem pabrik wirausaha yang ada di kota Kendari dengan menebar benih kewirausahaan ke generasi yang lebih muda. Dan juga mempertemukan aspiring dengan enterpreneurs serta investor dan mentornya.


Lebih jauh ia menjelaskan, ada dua kategori bisnis yang diadakan dalam LPDP Business Competition 2023, yaitu Business Initiation Plan dan Business Growth Plan. Kategori Business Initiation Plan diperuntukan untuk pengusaha yang memiliki ide atau rencana bisnis dan sudah menjalankannya maksimal selama dua tahun.


“Sedangkan Business Growth Plan diperuntukkan untuk pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bidang usahanya sudah berjalan lebih dari dua tahun dan memiliki potensi untuk lebih berkembang dan maju. Adapun contoh usahanya seperti usaha kuliner, fashion, desain dan beberapa UMKM lainnya, ”jelasnya.


Ditambahkan, dalam kegiatan lomba bisnis kompetisi 2023 ini menyiapkan berbagai sektor tema bisnis. Diantaranya dari sektor lingkungan, kesehatan, teknologi, pendidikan, bioteknologi, budaya dan pariwisata, industri kreatif, pertanian, peternakan, dan perikanan.


“Syarat mengikuti kegiatan ini salah satunya adalah mengajukan proposal secara berkelompok. Dalam satu tim maksimal tiga orang. Setelah dilakukan kegiatan roadshow pembekalan bagaimana pengembangan ide bisnis dan proposal, tahapan selanjutnya akan dilaksanakan seleksi dengan target 5000 pendaftar dan akan diumumkan pemenangnya pada tanggal 3 Agustus 2023 mendatang secara nasional,” tambahnya. (kam)

  • Bagikan