Atasi Genangan Air, Pemdes Roko-Roko Bangun 600 Meter Drainase

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa (Pemdes) Roko-Roko Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur,berupaya memanfaatkan dana desa secara tepat dan skala prioritas yang dibutuhkan masyarakat. Salah satunya, pembangunan drainase sepanjang 600 meter untuk mengatasi genangan air dirumah warga.

Kepala Desa Roko-Roko, Sarman Kara menyampaikan, pembangunan drainase 600 meter untuk mengatasi genangan air yang melanda rumah warga dusun satu dan dusun III. Menurutnya, genangan air harus diatasi secapatnya agar masyarakat tidak terdampak lagi, ketika musim penghujan. "Syukur setelah dibuatkan drainase tidak ada genangan air ketika musim penghujan. Pembangunan drainase menghabiskan dana desa Rp 339.266.000, tahun anggaran 2023. Proyek ini atas usulan skala prioritas masyarakat pada saat musyawarah dusun untuk menyusun kegiatan desa," kata Sarman, Minggu (2/4).

Sarman mengaku, Pemdes Roko-Roko mendapat alokasi dana desa (DD) sebesar Rp 1 miliar lebih, alokasi dana desa (ADD) Rp 300 juta lebih ,dan dana stimulan Rp 50 juta. "Kedepannya kita akan bangun pembukaan jalan usaha tani dua kilometer di dusun satu dan dua. Penyaluran dana bantuan langsung tunai sebanyak 51 keluarga penerima manfaat dan sumur bor. Kita naikan honor imam dan pemuka agama hindu supaya lebih semangat menghidupkan rumah ibadah. Mudah-mudahan program-program yang telah disusun bisa bermanfaat," imbuhnya. (kus/adv)

  • Bagikan