Dinas PU Terima Bantuan Mobil Penyedot Tinja

  • Bagikan
Pemkab Konut melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mendapatkan satu unit mobil bantuan untuk penyedotan tinja dari DAK Kementerian PUPR.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mendapatkan satu unit mobil bantuan untuk penyedotan tinja. Pengadaan sarana tersebut dialokasikan melalui dana alokasi khusus (DAK) Kementerian PUPR. Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Konut, Majenuddin, melalui Sekretaris Dinas, Deden Desriadi, menuturkan, bantuan mobil penyedotan tinja akan dimanfaatkan untuk melayani kepentingan masyarakat setempat.

"Alhamdulillah, kita mendapatkan bantuan satu unit mobil penyedot tinja. Ini tidak terlepas koordinasi dan komunikasi yang dibangun oleh Pemkab melalui Dinas PUPR di kementerian, sehingga bantuan ini diturunkan ke daerah," ujar Deden, kemarin. Mantan Kabid Tata Ruang itu menuturkan, bantuan satu unit kendaraan sangat diperlukan di Bumi Oheo. Khususnya di wilayah ibu kota kabupaten. Pasalnya, kepadatan pemukiman penduduk di wilayah ibu kota setiap tahun akan terus mengalami peningkatan. Sehingga diperlukan kendaraan yang menangani khusus soal tinja.

"Operasi awal pelayanan mobil sedot tinja masih kita buatkan dulu produk hukumnya sebagai rujukan, bila ada masyarakat yang akan sewa. Raperdanya masih sementara kita susun. Tahun depan Perda sudah ada, di situ nanti sudah ada tarif jasa sewanya," pungkas Deden. (c/min)

  • Bagikan