Kanwil Kemenag Sultra Gelar Perkemahan Pramuka Madrasah Tingkat Provinsi

  • Bagikan


--Upaya Mewujudkan Generasi Muda yang Mandiri, Berdaya Saing dan Berakhlak Mulia--

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Perkemahan Pramuka Madrasah Provinsi (PPMP) Tahun 2022, Sabtu (02/07/2022).

Giat tahunan ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sultra, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Asrun Lio. Perkemahan Pramuka Madrasah Provinsi Sultra ini akan digelar di Bumi Perkemahan Cialam Jaya hingga 5 Juli mendatang.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sultra H. Zainal Mustamin dalam sambutannya, menyambut baik dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya PPMP tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2022.

Menurutnya, banyak pesan penting yang terkandung dalam kegiatan ini, diantaranya tentang pentingnya meneguhkan komitmen membangun nilai-nilai nasionalisme, patriotisme, persatuan, perdamaian dan humanitas, juga kemampuan dan keterampilan yang merupakan cerminan dinamika keseharian siswa.

"Jadikan kegiatan ini sebagai ajang ekspose hasil karya dan keterampilan pramuka penegak yang berpangkalan pada gugus depan madrasah, serta diharapkan dapat meningkatkan etos kerja yang tinggi dikalangan anggota pramuka namun tetap hidup sederhana," ungkapnya. 

Gerakan Pramuka, lanjut Kakanwil, memiliki peran penting dalam mewujudkan generasi muda yang mandiri, berdaya saing dan berakhlak mulia. Serta dapat membentuk kehalusan budi, kematangan emosi dan olah pikir, serta meningkatkan rasa ukhuwah, solidaritas sosial dan kerjasama dikalangan anggota Pramuka dalam membangun kebersamaan dan persaudaraan. 

"Gerakan Pramuka memberi ruang, wadah dan media dalam membangun generasi muda yang memiliki karakter, kepribadian dan watak yang kuat. Juga memberi ruang untuk membangun generasi muda yang cerdas, tangguh, luhur budi pekertinya, serta rukun dan bersatu," sambung Kakanwil. 

Kakanwil berharap, seluruh panitia dan warga perkemahan senantiasa menghadirkan Gerakan Kemenag Sultra Bersahabat (Bersih, Religius, Santun, Harmonis, Berbasis Teknologi) dalam tagline 3B (Bersama, Bersatu, Bersaudara). Sebagaimana tercermin dalam Dasa Darma Pramuka yaitu patriot yang sopan dan ksatria, Patuh dan suka bermusyawarah, rela menolong dan tabah. 

"Kepada adik-adik penegak, saya ucapkan selamat mengikuti Perkemahan Pramuka Madrasah Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2022. Kalian adalah representasi dari 786 Madrasah se Sultra dan perwakilan dari 73.253 siswa madrasah se Sultra," pungkasnya. 

Pada kesempatan yang sama, Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio menyatakan apresiasi dan kebanggaannya kepada adik-adik peserta PPMP yang datang dari berbagai daerah untuk menjalin kebersamaan, meningkatkan wawasan, keterampilan, membina tali persaudaraan dan ikut membangun jati diri bangsa. Dirinya berharap, kegiatan PPMP ini dapat berjalan lancar dan sukses. 

Gubernur yang sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Tenggara mengatakan, sebagai bagian dari keluarga besar gerakan Pramuka kita memiliki kewajiban dan ruang pengabdian yang lebih besar yakni ikut secara aktif dalam meningkatkan capaian pembangunan daerah sesuai kapasitas minat dan bakat serta ruang pengabdian yang tersedia bagi kita semua.

"Potensi ini harus kita sinergikan agar menjadi sebuah kekuatan besar untuk menciptakan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat, sesuai visi pembangunan Sultra 2018-2023 yakni terwujudnya Sulawesi Tenggara yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat. Visi tersebut merupakan tujuan mulia kita bersama yang harus kita sukseskan melalui strategi Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan dan Lautan/kepulauan (Garbarata).

Menurut Gubernur, sebagai bagian dari komponen besar masyarakat yang ada di Sulawesi Tenggara, Gerakan Pramuka adalah organisasi potensial yang diharapkan mampu menjadi pionir dan kader pembangunan terdepan.

"Saya berharap kakak-kakak semua akan terus melakukan proses pembinaan dan pengembangan peserta didik, serta penataan organisasi secara profesional sehingga di era baru ini kita tidak ikut-ikutan terbelenggu oleh waktu dan ruang, sehingga membuat ruang gerak kita menjadi sempit," ujarnya.

Tetapi, lanjut Gubernur, sebagai anggota Pramuka akan selalu mencari dan mendapatkan jalan pemecahan terbaik dalam menghasilkan karya dan Dharma Bakti di manapun berada, seperti Motto : Pramuka : Satyaku Ku Darmakan, Darmaku Ku Baktikan. 

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, H. Zainal Mustamin (tengah) disaksikan Sekda Prov Sultra (paling kiri) menyematkan pengenal kepada salah satu peserta PPMP Tingkat Provinsi Sultra, Sabtu (02/07/2022). (FOTO : AGUS SETIAWAN / KENDARI POS)

"Saya berharap melalui kegiatan PPMP ini anak-anak kita dapat membentuk watak meningkatnya sikap kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan, serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka yaitu Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka sehingga pada akhirnya mampu berkontribusi pada capaian visi dan misi pembangunan daerah kita, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan sumber daya manusia," lanjut Gubernur dalam sambutannya.

"Selamat mengikuti kegiatan perkemahan, semoga kita dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini untuk kemajuan pembangunan masyarakat daerah Sulawesi Tenggara, serta bangsa dan negara. Salam Pramuka," tutup Gubernur dalam sambutannya. 

Sekedar informasi, Gelaran PPMP yang diawali dengan pawai oleh masing-masing kontingen Pramuka 17 Kab/kota se Sulawesi Tenggara.

Kegiatan ini turut dihadiri para Bupati/Walikota 17 kab/kota se Sultra, Forkopimda, Kepala Kantor Kemenag kab/kota se Sultra, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sultra beserta seluruh Andalan Daerah, Ketua Kwartir Cabang se-Sultra beserta Andakan Cabang, Panitia PPMP Sultra Tahun 2022, pembina pendamping serta seluruh peserta PPMP. (ags)

  • Bagikan