Jaring Atlet Terbaik, Tingkatkan Sinergisitas Pemuda

  • Bagikan
Plt Kadispora Konsel, I Putu Darta (dua dari kiri) mendampingi Wabup Konsel, Rasyid dalam pembukaan turnamen voly ball PBVSI Cup 1 di Konawe Selatan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora), telah membenahi dan membangun daerah. Salah satunya, melalui olahraga. Plt Kepala Dispora Konsel, I Putu Darta menjelaskan, pihaknya fokus benahi internal. Baik di tubuh instansi itu sendiri ataupun yang menjadi tanggung jawabnya. Di antaranya, “menghidupkan” Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Konsel. “Sebelumnyakan pejabat di KONI Konsel telah demisioner. Kami sangat bersyukur telah sukses mengawal musyawarah dan pelantikan, sehingga saat ini telah ada ketua dan pengurusnya. Hal ini sangat membanggakan,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengakselerasi bangkitnya kurang lebih 32 pengurus cabang olahraga yang baru pasca pengurus lama demisioner. Semuanya telah terselesaikan. “Semua langkah yang dilakukan tak terlepas dari dukungan Bupati Konsel Surunuddin dan Wakil Bupati Konsel Rasyid. Termasuk koordinasi yang baik dengan KONI Sultra,” ujarnya.

plt Kadispora Drs, Putu Darta, MT

Ketua PBVSI Konsel ini juga sukses menggelar sejumlah turnamen di wilayahnya dengan protokol kesehatan yang ketat karena situasi pandemi covid-19. Tujuannya memotivasi para atlet memanfaatkan waktu dengan baik. “Seluruh pengurus cabang olahraga terus menjaring atlet-atlet terbaik Konsel. Khusus bola voli telah memiliki 36 atlet pilihan, terdiri dari 18 putra dan putri. Sejak Mei 2022 telah dilakukan pemusatan latihan,” sebutnya.

Banyak event olahraga terlaksana, baik dari Pengurus Cabang Olahraga maupun KONI. Melalui event itu harapannya bisa mengharumkan Konsel pada Porprov mendatang. “Untuk uji coba salah satunya turun pada Kapolda Cup yang tengah bergulir,” sambungnya.

Dirinya menegaskan bagi atlet voli yang terpilih, untuk tidak tergiur bermain di Kabupaten lain pada Porprov. “Konsel dengan wilayah yang sangat luas adalah gudang atlet berprestasi. Sudah saatnya kita berjuang, harumkan tanah kita, daerah kita Konawe Selatan dalam kompetisi yang sehat,” katanya.

Pihaknya juga membenahi sarana dan prasarana olahraga. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, masyarakat harus terlibat aktif menjaga aset olahraga milik bersama. Selain itu, ia sukses mencetak Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) kurang lebih 70 orang, melalui tahapan seleksi. “Mereka akan bertugas pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus mendatang. Meski masih beberapa bulan lagi namun proses seleksinya telah berjalan baik. “Kita seleksi ketat sesuai mekanisme yang ada. Jadi yang terpilih betul-betul ideal. Itu komitmen kita,” jelasnya.

Bahkan Konsel mengikuti seleksi nasional dan provinsi. Ia berharap utusan Konsel bisa mewakili Konsel untuk Paskibra provinsi maupun nasional. “Saya mengajak pemuda bersinergi dan berkolaborasi mewujudkan cita-cita daerah. Mendukung pembangunan demi meningkatkan kesejahteraan daerah juga masyarakatnya,” pungkasnya. (ndi/adv)

  • Bagikan