Surunudin Kembangkan Wilayah Sesuai Potensi

  • Bagikan
H. Surunuddin Dangga

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Fokus kerja Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, memprioritaskan program pro rakyat, khususnya sektor perekonomian. Tentu dengan melihat dinamika industri kemasyarakatan yang ditopang potensi pada setiap wilayah. "Contohnya kalau potensinya tambak udang, kita dorong revitalisasi di Desa Panggosi, Kecamatan Tinanggea. Di Sultra hanya Konsel dan Muna yang masuk dalam program pengembangan budi daya udang dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI," kata Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, Senin (9/5).

Selain potensi perikanan, sektor perkebunan dan pertanian dalam arti luas tak luput dari perhatiannya. Menggairahkan potensi kemasyarakatan sesuai komoditas unggulan pada setiap wilayah, sehingga gejolak pangan di Konsel tidak terjadi. "Produksi pertanian dalam artian luas di Konsel cukup memadai. Kita aman dari gejolak pangan dan inflasi. Juga mengoptimalkan produksi pertanian berbasis ekspor. Sehingga perekonomian masyarakat semakin maju," ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Konsel itu mengatakan, pihaknya juga memaksimalkan pemanfaatan lahan masyarakat. Menumbuhkan kemandirian, produktif di sektor produksi. Mengingat, pengentasan kemiskinan tidak cukup dengan membagi beras. "Empat tahun lalu, Pemkab telah memprogramkan komoditas ekspor seperti tanaman sawit. Alhamdulillah sudah ada progres dan telah panen, bahkan sudah menikmati hasilnya," pungkasnya. (c/ndi)

  • Bagikan