Bacakades di Konsel Lebih Dari Lima Kandidat

  • Bagikan
Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei (kiri) saat melakukan Sidak kehadiran ASN pasca libur lebaran di kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) akan digelar pada 22 Mei mendatang. Saat ini panitia sedang melakukan seleksi tambahan pada wilayah yang bakal calon kepala desa (Bacakades) lebih dari lima orang. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konsel, Anas Mas’ud, mengatakan seleksi tambahan itu berupa tes tertulis. Pihaknya menggadeng akademisi dari tim psikolog Awareness Development of Psikologi (ADP).

"Hal itu untuk mengukur beberapa aspek kemampuan bakal calon kepala desa. Aspek yang dimaksud yaitu, kepemimpinan, sikap kerja, kepribadian dan intelegensi," jelasnya, Senin (9/5). Pesertanya berasal dari lima desa yang jumlah Bacakadesnya lebih dari lima kandidat. Mulai dari Desa Tanjung Tiram dan Mekar Jaya, Kecamatan Moramo Utara, Desa Rakawuta, Kecamatan Mowila, serta Desa Leleka dan Ranowila di Kecamatan Wolasi.

"Pelaksanaannya akhir pekan lalu di Aula DPMD Konsel, disaksikan langsung oleh Panitia Pilkades masing-masing. Jumlah peserta sebanyak 32 orang," ungkap Anas Mas'ud. Sementara itu Ketua Tim Tes Psikologi, Astri Yunita, mengungkapkan dari lima calon yang akan direkomendasikan, secara akademik hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. "Pelaksanaan tes berpedoman pada kaidah-kaidah akademik sehingga hasilnya diharapkan dapat membantu merekomendasikan bakal calon yang memiliki kemampuan lebih," jelas Astri Yunita. (c/ndi)

  • Bagikan