Wali Kota Kendari Minta Tambahan Kuota Guru

  • Bagikan

Pengajar Berstatus ASN dan PPPK Masih Kurang

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — Meski selama dua tahun terakhir dibuka perekrutan tenaga pengajar, namun kekurangan guru setingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kota Kendari belum bisa teratasi. Padahal Pemkot Kendari baru saja menyerahkan SK pengangkatan terhadap 233 tenaga PPPK guru (2 meninggal).

Dari data Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari tahun 2021, sekolah masih kekurang 641 tenaga guru. Rinciannya, SD sebanyak 533 guru sedangkan SMP 88 guru. Untuk mengatasi kekurangan, Pemkot Kendari masih menggunakan jasa guru honorer.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir berharap pemerintah segera membuka kembali rekruitmen CASN dan PPPK dilingkupnya. Upaya tersebut alam rangka memenuhi kekurangan tenaga guru. “Pemkot Kendari masih butuh tenaga guru. Mudah-mudahan pemeritah pusat bisa (membuka rekruitmen) dan mengakomodir (ASN/PPPK) dalam jumlah yang banyak,” pinta Sulkarnain Kadir, kemarin.

Tahun ini, ada tambahan 63 CPNS dan 233 PPPK guru hasil seleksi tahun 2021. Hanya saja tambahan tersebut belum memenuhi kebutuhan guru di Kota Kendari. “Mudah-mudahan pemerintah pusat bisa segera membuka ruang bagi putra putri terbaik daerah ini untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dan umumnya mengabdi kepada daerah dan negara ini,” kata Sulkarnain Kadir.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari, khusus tenaga guru saat ini jumlahnya tercatat hanya 3.129 orang (guru SD-SMP). Jumlah tersebut tak sebanding dengan jumlah murid yang tercatat sebanyak 50.820 orang. (b/ags)

Data Kekurangan Guru 2021

  1. SD
    -327 Guru Wali Kelas
    -94 Guru Pendais
    -112 Guru Pendidikan Jasmani dan Rohani
  2. SMP
    -18 Guru Bahasa Indonesia
    -3 Guru Seni Budaya
    -12 Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga
    -55 Guru Bimbingan Konseling

Rasio Guru SD-SMP dan Peserta Didik
Guru 3.129 Orang
Peserta Didik 50.820 Orang

Tambahan Tahun 2022 233 PPPK guru

Sumber : Dikmudora dan BKPSDM Kota Kendari
Data Diolah Kendari Pos

  • Bagikan