Permintaan Percetakan KIA di Mubar Masih Minim

  • Bagikan
Kepala Dinas Dukcapil Mubar, Burhanuddin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -  Permintaan percetakan Kartu Indentitas Anak (KIA) di Muna Barat (Mubar) masih sangat minim. Hal itu diketahui dari rendahnya permintaan kebutuhan KIA dari para orang tua yang diterima Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Mubar. Padahal Dukcapil Mubar memiliki stok blangko KIA yang cukup banyak.

“KIA memiliki fungsi yang sama dengan KTP. Sebagai identitas anak yang berusia dibawa 17 tahun. Tapi permintaan masyarakat terhadap KIA belum signifikan. Padahal stok blangko KIA kita banyak,” kata Kepala Dinas Dukcapil Mubar, Burhanuddin.

Lanjutnya, KIA sebagai kartu indentitas anak dikhususkan mulai dari 0 tahun hingga 17 tahun. Kegunaanya sama dengan KTP-el yaitu sebagai tanda pengenal. Sekaligus pendataan kewarganegaraan anak. “Walaupun sebenarnya indentitas kewarganegaraan itu sudah terdata dalam akta lahir, namun KIA punya sekmentasi tersendiri juga,” ucapnya.

Burhanuddin menyebut bahwa rendahnya permintaan orang tua terhadap pembuatan KIA karena KIA belum dijadikan sebagai salah satu syarat administrasi dalam berurusan. Kebanyakan semua menggunakan akta kelahiran. “Padahal sebenarnya kita bisa bersinergi dengan Dinas Pendidikan jika sekolah menjadikan KIA sebagai salah satu dokumen dalam pengurusan KIP misalnya. Tapi sekarang ini belum dilakukan,” katanya.

Ia, menambahkan, meski KIA belum menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat Mubar, tetapi mulai tahun ini pihaknya akan mewajibkan pembuatan KIA setiap permintaan pembuatan akta kelahran. “Saat pengurusan akta kelahiran sekaligus diterbitkan KIA. Mulai tahun ini kita kasih begitu supaya capaian kita juga maksimal. Saya sudah sampaikan sama pegawai (operator) Dukcapil,” terangnya.

Katanya, saat menerbitkan akta lahir sekaligus juga terbit KIA. Walaupun misalkan yang bersangkutan belum mau ambil, tidak apa-apa. “Yang penting kita buatkan saja dulu dan nanti dia butuh dan mau datang ambil, silakan. Tidak masalah. Yang penting target kita tercapai. Karena kita juga dikejar progres dalam percetakan KIA ini,” tutup Burhanuddin. (ahi/c)

  • Bagikan