Pemkab Buton Peduli Nelayan

  • Bagikan
BANTUAN: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin (kiri) menyerahkan bantuan kapal (Katinting) kepada nelayan, kemarin
BANTUAN: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin (kiri) menyerahkan bantuan kapal (Katinting) kepada nelayan, kemarin

--Salurkan Bantuan Ratusan Peralatan Tangkap

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sektor perikanan di Kabupaten Buton kaya akan sumber daya. Banyak warga memilih menjadi nelayan sebagai mata pencahariannya. Hanya saja, sebagian besar pelaut masih terbatas sarana dan prasarana menangkap ikan dan mengelola hasil tangkapannya.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton hadir menunjukkan keberpihakan dan kepeduliannya kepada nelayan. Pemkab memberi solusi melalui ragam bantuan. Mulai bantuan perahu, rumpon hingga GPS.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Asnawi Jamaluddin mewakili Pj Bupati, Drs La Ode Mustari, menyerahkan bantuan kepada nelayan, kemarin. Dalam pertemuan itu, Ia menyampaikan tujuan pengadaan alat tangkap itu, untuk memudahkan nelayan menggali dan memanfaatkan potensi kelautan di Kabupaten Buton.

"Kabupaten Buton telah masuk dalam kategori wilayah WPPT 714. Sebab, potensi perikanan yang bisa kita dapat sekitar 1,5 juta ton. Ini karena Laut Banda dan Laut Flores memiliki potensi ikan yang cukup besar. Nelayan bisa melaut dengan lebih aman, jika menggunakan perahu yang bagus,” jelasnya.

Mantan Kadis Sosial Buton ini menambahkan, nelayan adalah kelompok masyarakat yang cukup rentan dengan kemiskinan. Apalagi menurut data yang ada, 13 persen penduduk Buton masih dikategorikan kelompok miskin.

“Jadi, dengan adanya peralatan ini, outcomenya bisa membuat pendapatan nelayan lebih tinggi. Sehingga, kita harapkan mereka lebih sejahtera lagi,” ujarnya.

Sekda Buton berharap, nelayan menggunakan bantuan yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya. “Jangan dipindahtangankan apalagi dijual,” tegasnya.

Kepada Dinas Perikanan Kabupaten Buton merinci, bantuan sarana usaha yang diserahkan berupa sarana dan prasarana kerang mabe sebanyak 6 Unit, Armada Katinting sebanyak 102 Unit, Rumpon sebanyak 9 Unit, Armada tuna Hand Line sebanyak 2 unit, Mesin Inboard 24 PK sebanyak 5 Unit, GPS sebanyak 5 Unit, Jaring Insang sebanyak 14 Unit, termos ikan sebanyak 105 buah, pass kecil kapal perikanan sebanyak 76 buah dan bantuan pengadaan jaring sero sebanyak 300 Kg yang penerimanya tersebar di seluruh Kabupaten Buton.

Hadir pula dalam acara itu Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Baubau, Sadudin, ST MM. Ia menyampaikan, KSOP Kelas II Baubau menyerahkan pass kecil sebanyak 147 buah kepada nelayan di Kabupaten Buton yang telah diukur pada tahun 2023 lalu. (b/lyn)

  • Bagikan