Konawe Dijalur Tepat Menuju Sejahtera

  • Bagikan
UPACARA HUT: Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba memimpin upacara peringatan HUT ke-64 Kabupaten Konawe.
UPACARA HUT: Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba memimpin upacara peringatan HUT ke-64 Kabupaten Konawe.

--Harmin Ramba Gagas Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kabupaten Konawe berusia 64 tahun, Minggu (3/3/2024). Di usia yang lebih dari setengah abad, Konawe menunjukkan banyak kemajuan dibandingkan daerah lain di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Konawe sukses menjadi daerah terdepan, yang mengandalkan potensi lokal untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Konawe punya potensi besar dari sektor pertanian dan perkebunan, industri manufaktur, serta pertambangan.

Konawe mashyur sebagai daerah penghasil beras, kelapa sawit, maupun pusat pengolahan nikel terbesar se-Sultra. Bahkan Indonesia Timur. Jika konsisten mengelola segala potensi tersebut, ditambah dengan pemimpin visioner di tangan Harmin Ramba selaku Penjabat (Pj) Bupati Konawe, maka daerah ini (Konawe) berada dijalur yang tepat menuju kesejahteraan.

Arah menuju Konawe maju dan masyarakat sejahtera yang lebih paripurna sudah mulai kelihatan. Hal itu dapat dilihat dari tren angka kemiskinan, inflasi, dan stunting. Ketiga aspek tersebut, sejauh ini telah mampu diatasi dengan baik oleh Pemkab Konawe.

Tak hanya itu, Penjabat (Pj) Bupati Konawe Harmin Ramba juga punya misi besar membangun ekonomi daerah. Kepala Kesbangpol Sultra ini bakal membangun tiga pusat pertumbuhan ekonomi baru di Konawe.

Pertumbuhan ekonomi dimaksud dipusatkan di tiga lokasi berbeda. Pertama, pusat pertumbuhan ekonomi di Kota Unaaha. Kedua, pusat pertumbuhan ekonomi di Morosi atau Konawe Timur Laut, dan ketiga, pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah Routa atau Konawe Barat.

“Saya yakin, dengan adanya pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru ini, Konawe semakin maju dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” optimisnya.

Grand design pembangunan pusat pertumbuhan ekonomi baru tersebut, lanjut Harmin Ramba, menjadi konsep pembangunan Konawe yang bakal dilaksnakan tahun 2025.

“Rancangan tiga pusat pertumbuhan ekonomi ini, dibangun berdasarkan potensi andalan yang dimiliki. Semua sudah melalui kajian matang dan pertimbangan,” terangnya.

Lebih jauh Pj Bupati Konawe Harmin Ramba menjelaskan, konsep pembangunan pusat pertumbuhan ekonomi baru di Konawe, didasari wilayah geografis Konawe yang sangat luas. Serta potensinya yang sangat besar.

Menurutnya, Konawe memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA) melimpah. Namun hasilnya belum maksimal dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (adi/b

  • Bagikan