Harmin Ramba Sukses Tunaikan Perintah Presiden

  • Bagikan
KOMPAK: Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba beserta jajaran pimpinan OPD lingkup Pemkab Konawe, foto bersama tamu undangan usai upacara peringatan HUT ke-64 Kabupaten Konawe di pelataran kantor Pemkab Konawe, Minggu (3/3/2024).
KOMPAK: Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba beserta jajaran pimpinan OPD lingkup Pemkab Konawe, foto bersama tamu undangan usai upacara peringatan HUT ke-64 Kabupaten Konawe di pelataran kantor Pemkab Konawe, Minggu (3/3/2024).

--Inflasi Terkendali, Stunting dan Kemiskinan Menurun

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Dr. Harmin Ramba melaksanakan tugas dengan sangat baik. Meski baru enam bulan menjabat, namun Harmin mampu dan sukses menunaikan (melaksanakan) perintah Presiden Joko Widodo. Perintah presiden terkait dengan pengendalian inflasi, penurunan angka stunting dan kemiskinan ekstrem, menyukseskan pemilu serentak, dan lainnya.

Saat memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Kabupaten Konawe, Minggu (3/3/2024), Harmin Ramba membeberkan capaian dari tiga fokus utama dalam kepemimpinannya, yang juga merupakan perintah Presiden Joko Widodo. Mulai dari upaya menekan laju inflasi, menurunkan angka kemiskinan ekstrem, dan menurunkan angka stunting di Konawe.

Harmin Ramba menjelaskan, agenda nasional yang diembannya pasca menjabat Pj Bupati, menunjukkan progres memuaskan. Angka stunting dari 28 persen, dapat diturunkan hingga 5,6 persen. Angka kemiskinan ekstrem dari 12 persen, menjadi 6 persen saja. Inflasi Konawe dari 2,8 persen, kini berada pada angka 2,3 persen.

“Ini suatu pencapaian yang sangat menggembirakan. Dengan sinergi kita semua, saya yakin Konawe bisa lebih baik lagi ke depannya,” ungkap Harmin Ramba.

Mantan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muna ini menyadari, keberhasilan tersebut, merupakan buah kerja keras semua elemen terkait di Konawe.

“Kami sadar, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Kita berkomitmen untuk terus bekerja keras, agar Konawe menjadi daerah yang lebih baik lagi,” harapnya.

Tak hanya melaksanakan arahan pemerintah pusat, Kepala Badan Kesbangpol Sultra ini juga mengajak segenap masyarakat Konawe, untuk bersatu dan bekerja sama menyukseskan program Konawe sebagai Kota Padi. Ia menjelaskan, program City Branding Konawe kota Padi bertujuan untuk meningkatkan produksi padi di Konawe. Dengan demikian, konsep pembangunan tersebut dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat secara mandiri.

“Kami berharap, dengan semangat gotong royong dan kerja keras, program Konawe Kota Padi ini dapat terwujud dan memberikan manfaat besar bagi seluruh masyarakat Konawe,” yakin Harmin Ramba.

Mantan Camat Abuki itu juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, yang telah mendukung pembangunan dan kemajuan Konawe. Ia mengajak semua pihak untuk terus bekerja sama dalam mewujudkan Konawe yang lebih baik di masa depan.

“Semoga dengan semangat persatuan dan kerja sama yang tinggi, Kabupaten Konawe dapat terus berkembang dan menjadi salah satu kabupaten yang maju dan sejahtera,” imbuhnya.

Untuk diketahui, upacara HUT ke-64 Konawe turut dihadiri Staf Ahli Gubernur Sultra Laode Fasikin, Raja Konawe ke-34 Lukman Abunawas, Sekjen DPP LAT Sultra Bisman Saranani, Danyon Woroagi Letkol Syafruddin Mutasidasi, serta pejabat lingkup Pemkab Konawe.

DPRD Puji Kepemimpinan Harmin Ramba

Kinerja Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba mendapat apresiasi banyak pihak. Salah satunya datang dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe. Mereka memuji (mengapresiasi) kelihaian Harmin Ramba dalam berkomunikasi di tingkat pusat.

Pujian itu datang dari Ketua DPRD Konawe, H Ardin. Dia salut atas kesuksesan Harmin Ramba melobi bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Beberapa persoalan di Konawe juga tuntas diselesaikan Pj Bupati Harmin Ramba.

“Kemampuan komunikasi beliau (Harmin Ramba) patut kita apresiasi. Beliau sukses melakukan audiensi dengan Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman. Hasilnya, Konawe diguyur banyak bantuan dari Kementan RI,” ungkap Ardin.

Ardin menilai, kinerja yang ditunjukkan Pj Bupati Harmin Ramba, merupakan bukti nyata kualitas seorang pemimpin. Ia menilai, Harmin Ramba memahami persoalan mendasar masyarakat Konawe. Termasuk, mampu menjangkau semua wilayah yang ada di Konawe.

“Salah satu kesuksesan Pj Bupati Harmin Ramba yang patut diapresiasi adalah berhasil menurunkan angka inflasi dari 2,8 persen menjadi 2,3 persen di tahun 2023,” jelasnya.

“Ini semua bukan narasi, namun by data. Jadi tidak salah kiranya kita berikan pujian kepada Pak Pj Bupati Konawe,” tambahnya.

Perintah Presiden

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo pernah mengumpulkan semua penjabat (Pj) kepala daerah se-Indonesia. Tepatnya, pada Senin, 30 Oktober 2023 di Istana Negara, Jakarta. Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba juga hadir kala itu. Beberapa arahan (perintah) Presiden adalah mendorong pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi, penurunan kemiskinan ekstrem, pemberantasan stunting, dan lainnya. (b/adi)

SUKSES HARMIN PIMPIN KONAWE
Inflasi Terkendali Angkanya dari 2,8 persen, kini 2,3 persen

Emiskinan Ekstrem Turun
Dari 12 persen, turun menjadi 6 persen

Angka Stunting Turun
Dari 28 persen, turun menjadi 5,6 persen

Pilkada Lancar

  • Anggaran terpenuhi
  • Pelaksanaan sukses

Menata Kota Unaaha

  • Menata ulang pohon pelindung sepanjang jalan utama Kelurahan Ranoeya menuju Kota Unaaha „ - Menata ulang pohon sepanjang poros Kendari-Kolaka
  • Mendesain dan penambahan lampu hias dalam Kota Unaaha
  • Menata ulang tata ruang Kota Unaaha

Berpihak Dibarisan Rakyat

  • Intens turun lapangan pantau kondisi daerah dan warga „
  • Salurkan bantuan pangan ke masyarakat „ - Bantuan air bersih bagi warga terdampak elnino „
  • Tuntaskan pembayaran ganti rugi tanaman tumbuh antara warga Desa Laromerui dan PT SCM

Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru

  • Kota Unaaha
  • Wilayah Morosi atau Konawe Timur Laut
  • Wilayah Routa atau Konawe Barat

Gagas Konawe Kota Padi

  • Bakal bangun tugu Padi
  • Sebagai City Branding yang bertujuan meningkatkan produksi padi di Konawe
  • Untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat secara mandiri
  • Bagikan