Jelang Hut ke-64, Ziarah ke Makam Raja lakidende

  • Bagikan
PENGHORMATAN : Pj Bupati Konawe Harmin Ramba (dua dari kanan) beserta jajaran saat berziarah ke makam Raja Lakidende, Senin (26/2) dalam rangkaian memeringati HUT ke-64 daerah itu.(ADI HIDAYAT/KENDARI POS)
PENGHORMATAN : Pj Bupati Konawe Harmin Ramba (dua dari kanan) beserta jajaran saat berziarah ke makam Raja Lakidende, Senin (26/2) dalam rangkaian memeringati HUT ke-64 daerah itu.(ADI HIDAYAT/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Ziarah ke makam Raja Lakidende menjadi salah satu agenda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe menjelang hari ulang tahun (HUT) daerah itu pada 3 Maret setiap tahunnya. Senin (26/2) Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, menyempatkan diri berziarah ke makam Raja Lakidende di Kelurahan Arombu, Kecamatan Unaaha.

Ritual tersebut tak lain merefleksi sejarah perjalanan berdirinya Konawe dari masa ke masa. Harmin Ramba berziarah ke makam Raja Lakidende didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekab), Ferdinand Sapan, serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Konawe. Harmin Ramba mengatakan, kemajuan dan kesuksesan yang diraih Konawe saat ini, tidak terlepas dari jasa pemimpin terdahulu sebagai pejuang daerah. Ziarah itu menjadi bentuk ungkapan rasa syukur kepada Raja Lakidende yang sudah berjasa dalam membangun dan mengharumkan nama Konawe.

“Ini untuk mengingatkan kita semua betapa besar jasa Raja Lakidende untuk Konawe. Menjadi bagian dari upacara penghormatan terhadap sejarah dan warisan budaya. Dengan berziarah ke makam Raja, sekaligus mengingatkan kita kepada sejarah berdirinya Konawe,” ujar Harmin Ramba, Senin (26/2).

Kepala Badan Kesbangpol Sultra itu menuturkan, ziarah ke makam Raja Lakidende, tak lain bentuk penghargaan dan kesetiaan kepada para leluhur Konawe yang telah berjuang untuk kemajuan daerah. Dalam kunjungannya itu pula, Harmin Ramba menegaskan komitmen Pemkab untuk terus mendukung pelestarian dan pengembangan warisan budaya daerah.

“Ini sebuah momentum yang sarat makna. Kunjungan ini menandai komitmen kita untuk menjaga dan mempromosikan kekayaan budaya dan sejarah yang menjadi ciri khas Konawe,” imbuhnya. (c/adi)

  • Bagikan