Umar Arsal Target Sunat 3.000 Anak

  • Bagikan
Umar Arsal (Kanan) memantau kegiatan bakti sosial sunat massal yang diikuti puluhan anak-anak di Kelurahan Labibia, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Kamis (21/12/2023). (Muhammad Akbar Ali/Kendari Pos)
Umar Arsal (Kanan) memantau kegiatan bakti sosial sunat massal yang diikuti puluhan anak-anak di Kelurahan Labibia, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Kamis (21/12/2023). (Muhammad Akbar Ali/Kendari Pos)

--Bakti Sosial Sunat Massal dan Kacamata Gratis

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sunat massal dan berbagi kacamata baca gratis sudah menjadi kegiatan rutin Umar Arsal. Saat menjadi anggota DPR RI pada periode sebelumnya, kegiatan Umar Arsal itu dikemas dalam bakti sosial pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis. Di tengah pencalonannya sebagai calon anggota DPR RI Pemiu 2024, Umar Arsal kembali menggelar sunat massal dan berbagi kacamata baca gratis.

Politisi Partai Demokrat itu menargetkan sunat massal gratis bagi 3.000 anak di 17 kabupaten dan kota di Sultra. Kegiatannya digelar secara bergilir di setiap daerah. Kali pertama digelar di Kelurahan Labibia, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Kamis (21/12/2023), kemarin.

“Setelah itu pada 24-27 Desember 2023 akan digelar di Kolaka Timur. Kemudian 28 Desember di Kolaka disusul Kolaka Utara 29-30 Desember 2023. Selanjutnya 3-5 Januari 2024 digelar di Konawe Kepulauan. Lalu di Buton Raya, Konawe Selatan, Konawe, dan Bombana. Diperkirakan 63 titik kegiatan secara menyeluruh,” ujar Umar Arsal kepada Kendari Pos, Kamis, kemarin.

Ia mengatakan, sunat massal dan pembagian kacamata baca gratis bagian dari rangkaian bakti sosial yang diselenggarakan mulai 21 Desember 2023 sampai 21 Januari 2024 di 17 kabupaten/kota se-Sultra.

Sunat massal ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang kesulitan membiayai anaknya untuk sunat. Karena biaya sunat saat ini bisa menyentuh jutaan rupiah,”kata Umar Arsal.

Sunat massal gratis ini, kata dia, sebanyak 80 anak dari Kelurahan Labibia dan sekitarnya sangat antusias jalannya kegiatan. Bahkan peserta terus bertambah, termasuk pembagian kacamata baca gratis mencapai 100 buah yang disalurkan.

“Kacamata baca sangat penting untuk membantu penglihatan. Bukan saja yang telah lanjut usia, namun bagi anak muda-mudi sangat esensial menggunakan kacamata ketika belajar,” tutur Umar Arsal.

Caleg DPR RI nomor urut 2 Dapil Sultra dari Partai Demokrat itu turut menyosialisasikan tata cara memilih yang tepat dan benar pada pemungutan suara Pemilu 2024. Terdapat 5 surat suara saat Pemilu 2024. Jadi, mesti dijelaskan dengan baik kepada pemilih agar mudah membedakan jenis kertas suara.

Umar Arsal merinci surat suara warna abu-bbu adalah surat suara memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden. Surat suara warna kuning untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Selanjutnya surat suara warna merah untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Lalu, surat suara warna biru untuk memilih anggota DPRD Provinsi. “Terakhir surat suara warna hijau untuk memilih anggota DPRD kabupaten/kota,” jelasnya.

Jika terpilih menjadi anggota DPR RI pada Pemilu 14 Februari 2024, pria yang kerap disapa Umar ini berkomitmen bakal membangun rumah singgah untuk masyarakat Sultra yang hendak berobat keluar kota ataupun dalam Kota Kendari. Sebab, meski masyarakat sudah memiliki BPJS namun BPJS tidak menanggung biaya transportasi ketika berobat ke Jakarta, Makassar ataupun di kota lainnya.

Rumah singgah ini nantinya menjadi tempat menginap gratis bagi warga. Sehingga beban biaya mencari tempat tinggal dapat teratasi. “Akomodasi transportasi bagi warga yang hendak berobat keluar kota akan saya perjuangkan,”kata Umar Arsal dihadapan ratusan warga Kelurahan Labibia Kecamatan Mandonga.

Sementara itu, salah seorang warga Kelurahan Labibia Ahmad mengaku sangat bersyukur atas kegiatan bakti sosial sunat massal dan pembagian kacamata baca gratis yang digelar caleg DPR RI nomor urut 2 Umar Arsal. Kegiatan tersebut, sangat bermanfaat bagi anak-anak dan juga orang tua yang membutuhkan kacamata baca.

“Umar Arsal sejak dulu dikenal dermawan membantu masyarakat tanpa pamrih. Makanya, kami begitu akrab dengan nama beliau. Kinerjanya ketika duduk di Senayan 2 periode sangat teruji untuk masyarakat Sultra. Terima kasih Umar Arsal, saya yakin beliau akan terpilih,” kata Ahmad. (ali/b)

  • Bagikan