Ibu Hebat, Sultra Maju

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi

--Melahirkan dan Mendidik Generasi Bangsa

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Ibu. Sosok pelita. Penerang dalam gulitanya kehidupan. Ibu adalah pahlawan keluarga. Ibu punya segudang peran dalam melahirkan dan mendidik generasi bangsa (anak-anak) dalam keluarga. Hari ini, peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023. Sudah selayaknya penghormatan tertinggi dipersembahkan kepada kaum ibu yang hebat di seluruh pelosok negeri, termasuk kaum ibu di Sultra.

Penghormatan itu menjadi bentuk apresiasi atas dedikasi, peran dan pengabdian atas kodratnya sebagai seorang istri dan ibu. Peran ibu sangat strategis dalam pencapaian tujuan negara dan daerah, Indonesia dan Sultra maju.

Ibu menjelma menjadi wanita tangguh dengan beragam peran, di dalam maupun di luar lingkungan keluarga. Mereka memiliki kesetaraan gender. Berperan dalam ranah yang didominasi kaum laki-laki. Mulai disektor pemerintahan, politik, akademisi, bisnis (pengusaha), sosial budaya, jurnalis, advokat hingga pegiat keagamaan. Peran-peran yang telah ditunaikan kaum ibu itu selaras dengan tema peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 ini yakni Perempuan Berdaya, Indonesia Maju.

Ketua Tim Penggerak PPK Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Wa Ode Munanah Asrun Lio mengatakan Hari Ibu penting diperingati karena dedikasi sosok ibu dalam mendukung kesejahteraan keluarga dan berkontribusi dalam pembangunan daerah.

"Peringatan hari ibu menjadi penghargaan bagi kaum perempuan terhadap seluruh dedikasi dan kontribusi yang diberikan baik itu untuk keluarga, dan pendamping suami sekaligus sebagai pilar pembangunan bangsa dan negara," ujar Wa Ode Munanah Asrun Lio kepada Kendari Pos, Kamis (21/12/2023), kemarin.

Menurutnya, peringatan hari ibu hendaknya dijadikan sebagai momentum memberikan penghargaan untuk para perempuan yang sudah berjuang diberbagai bidang kehidupan. Penghargaan itu bukan hanya bentuk materi melainkan kaum ibu bisa dihargai dan disayangi, serta dilindungi keberadaannya.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sultra itu menambahkan, sejalan dengan tema hari ibu tahun ini, "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju," ia mengajak semua pemangku kepentingan terutama pemerintah untuk senantiasa melindungi hak-hak kaum ibu dan memberikan ruang yang seluas-luasnya untuk berpartisipasi diberbagai ruang pengabdian.

"Momentum hari ibu juga adalah satu tantangan dan pembuktian bahwa perempuan itu harus punya kemampuan, harus punya daya saing, harus punya motivasi yang tinggi untuk berbagai bidang kehidupan sehingga bisa berperan aktif dalam pembangunan bangsa," kata Wa Ode Munanah Asrun Lio.

Bersama pengurus TP PKK dan DWP Provinsi Sultra, Wa Ode Munanah Asrun Lio menekankan kepada pengurus dan anggota agar tetap menjadi pendamping terbaik bagi keluarga dan suami tercinta.

"Itu tugas yang paling penting dan kita mulai dari dalam rumah (keluarga). Sebagai pendamping suami, kita harus menjaga kepercayaan suami. Menjaga dan melindungi keluarga dari hal yang tidak diinginkan adalah tugas penting seorang ibu," ungkap Wa Ode Munanah Asrun Lio.

Istri Sekda Provinsi Sultra Asrun Lio itu menambahkan, dibalik kesuksesan seorang laki-laki itu (suami) ada wanita hebat yang mendukung. "Wanita hebat itu bukan hanya sekedar hadir sebagai pemanis, tapi memang betul-betul hadir sebagai pendamping setia dan penasehat yang baik untuk suami. Laki-laki bisa sampai ke puncak karier karena peranan perempuan dalam hal ini istri," jelasnya.

Senada, Ketua TP PPK Kota Kendari, Sitti Chomza Asmawa menilai peringatan Hari Ibu merupakan bentuk terima kasih kepada para kaum ibu yang sudah berjuang untuk menjaga keluarga. Termasuk ibu berperan dalam membesarkan dan mendidik anak sehingga bisa menjadi generasi pelanjut bangsa.

"Peringatan hari ibu adalah hari semua perempuan. Kita patut berbangga bisa menjadi istri yang baik dan mampu membimbing anak-anak menjadi cerdas dan tumbuh menjadi pemimpin. Saya sampaikan ucapan terima kasih untuk semua ibu. Kita sama-sama berjuang untuk keluarga dan untuk pembangunan bangsa serta daerah ini," kata Sitti Chomza Asmawa.

Terpisah, anggota DPRD Sultra Farhana Mallawangan menyambut baik peringatan Hari Ibu 2023. Menurutnya, Hari Ibu menjadi momentum bagi semua pihak untuk mengenang jasa para perempuan yang sudah berjuang untuk keluarga dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

"Keberadaan ibu atau perempuan sangat penting. Ada beberapa hal yang tidak bisa dikerjakan oleh kaum laki-laki. Karena lemah lembutnya, ibu bisa membimbing anak hingga menjadi dewasa. Jasa ibu terkenang sepanjang masa. Jasanya akan selalu abadi," kata Farhana. (ags/b)

PENGHORMATAN
-Sosok ibu sebagai pelita dalam gulitanya kehidupan
-Ibu adalah pahlawan keluarga
-Ibu punya segudang peran dalam melahirkan dan mendidik generasi bangsa (anak-anak) dalam keluarga
-Hari ini, peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023
-Sudah selayaknya penghormatan tertinggi dipersembahkan kepada kaum ibu
-Mereka adalah figur hebat di seluruh pelosok negeri, termasuk di Sultra

PERAN HEBAT SANG IBU
-Penghormatan itu menjadi bentuk apresiasi atas dedikasi, peran dan pengabdian para ibu
-Peran ibu sangat strategis dalam pencapaian tujuan negara dan daerah, Indonesia dan Sultra maju
-Ibu menjelma menjadi wanita tangguh dengan beragam peran
-Mereka memiliki kesetaraan gender
-Berperan dalam ranah yang didominasi kaum laki-laki
-Ada disektor pemerintahan, politik, akademisi, dan bisnis (pengusaha)
-Bahkan berperan di ranah sosial budaya, jurnalis, advokat hingga pegiat keagamaan

TP PKK SULTRA
-Ketua TP PPK Sultra menilai Hari Ibu penting diperingati karena dedikasi sosok ibu
-Dedikasi itu dalam mendukung kesejahteraan keluarga dan berkontribusi membangun daerah
-Peringatan hari ibu menjadi penghargaan bagi kaum perempuan
-Penghargaan itu bukan materi, namun dihargai dan dilindungi

PEMBUKTIAN
-TP PPK Sultra mengajak semua pemangku kepentingan melindungi hak-hak kaum ibu
-Selain itu, memberi ruang untuk berpartisipasi diberbagai bidang pengabdian
-Momentum hari ibu adalah pembuktian perempuan punya kemampuan
-Pembuktian sosok ibu berdaya saing, punya motivasi tinggi dalam pembangunan bangsa
-Dibalik kesuksesan suami, ada wanita hebat (istri) yang mendukung
-Wanita hebat itu tampil sebagai pendamping setia dan penasehat yang baik

TP PPK KENDARI
-Ketua TP PPK Kendari menilai peringatan Hari Ibu merupakan bentuk terima kasih kepada para kaum ibu
-Mereka telah berjuang untuk menjaga keluarga
-Berperan mendidik anak sebagai generasi pelanjut bangsa
-Kaum ibu patut berbangga karena dapat membimbing anak menjadi pemimpin
-Kaum ibu ikut berjuang dalam pembangunan bangsa dan daerah

TEMA HARI IBU
-Tema utama peringatan Hari Ibu ke-95 adalah Perempuan Berdaya, Indonesia Maju
-Maknanya, semua pihak mendukung perempuan dalam berperan mencapai kemajuan Indonesia

SUB TEMA
1.Perempuan Bersuara
-Artinya, perempuan harus berani mengungkapkan aspirasi, pemikiran, dan ide-ide demi kemajuan bangsa

2.Perempuan Berdaya dan Berkarya
-Maknanya, perempuan memiliki kekuatan dalam aspek ekonomi dan sosial budaya
-Perempuan aktif dalam pengambilan keputusan melalui karya nyata

3.Perempuan Peduli
-Menyiratkan perempuan memiliki kepedulian terhadap berbagai isu kehidupan sosial dan politik masyarakat

4.Perempuan dan Revolusi
-Maknanya, perempuan berkontribusi dalam setiap perubahan dan dinamika untuk mendorong kemajuan bangsa

DATA DIOLAH DARI BERBAGAI SUMBER
ILUSTRATOR : FAHRI ASMIN / KENDARI POS

  • Bagikan