Gebrak Tengkes, Turunkan Angka Prevalensi

  • Bagikan
Safiuddin Alibas
Safiuddin Alibas

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepualauan (Konkep) intens menurunkan angka prevalensi tengkes (stunting) sesuai target nasional diangka 24 persen. Berbagai langkah dilakukan, termasuk program Gebrak Tengkes, melakukan pemeriksaan kepada bayi dan ibu hamil.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Konkep, Safiuddin Alibas, mengatakan, pihaknya bergerak cepat mewujudkan hal tersebut.

“Kegiatan door to door ini dilakukan dengan mengunjungi dan melakukan pemeriksaan kesehatan serta gizi anak-anak usia dini, ibu hamil, ibu nifas, termasuk remaja calon pengantin. Sudah dilakukan sejak Agustus lalu,” ujar Safiuddin Alibas, Jumat (17/11).

Selain itu, Pemkab Konkep juga melakukan pemeriksaan kondisi lingkungan seperti sanitasi, ketersediaan air bersih, pemanfaatan pangan lokal hingga pendapatan keluarga.

“Pemeriksaan sanitasi ini kita lakukan dengan melihat kondisi jambannya apakah dalam keluarga tersebut memiliki atau tidak. Selain itu kita juga melihat ketersediaan air bersih, serta pangan keluarganya apakah sesuai standar pemenuhan gizi atau tidak,” sambung Safiuddin Alibas.

Jika dalam kegiatan itu ditemukan masyarakat yang teridentifikasi tengkes, maka Pemkab akan segera merespon dengan penanganan dan melibatkan sejumlah instansi terkait dalam Tim Percepatan Penurunan Tengkes. (c/jib)

  • Bagikan