Wujudkan UMKM Sebagai Tulang Punggung Ekonomi Daerah

  • Bagikan
Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sultra, Parinringi (dua kiri) mengamati produk olahan makanan.
Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sultra, Parinringi (dua kiri) mengamati produk olahan makanan.

--Dinas PTSP Sultra Gelar Expo UMKM "Peluang Usaha"

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) menggelar Expo UMKM bertajuk “Peluang Usaha” di Pelataran Kantornya selama 24-28 Oktober 2023. Kegiatan yang dimulai kemarin itu, diikuti sekira 50 pelaku UMKM dan dirangkaikan dengan beberapa hiburan seperti lomba menyanyi, mewarnai, dan fashion show.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sultra, Parinringi menjelaskan, Expo UMKM dilaksanakan sebagai wadah bagi pelaku usaha mikro dalam memamerkan potensi dan inovasinya. “Ini merupakan wujud nyata komitmen kami dalam mendukung sektor UMKM agar bisa menjadi tulang punggung ekonomi daerah,” kata Parinringi.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sultra, Parinringi (depan, kacamata) bersama jajaran menghadiri seremoni pembukaan Expo UMKM.

Lanjut dia, Expo UMKM sudah menjadi agenda tahunan pemerintah yang dilaksakan untuk membantu pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya.

“Kegiatan ini mendapatkan suport dari beberapa stakeholder seperti DPRD dan Bank Sultra. Total sudah tujuh tahun berturut-turut kami laksanakan dengan melibatkan pelaku UMKM di daerah,” ungkap Parinringi.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sultra, Parinringi didampingi sejumlah jajaran meninjau stand expo UMKM.

Parinringi yakin, melalui Expo UMKM pihaknya bisa menggali potensi usaha yang ada di Kota Kendari sekaligus menyelaraskan nya dengan perkembangan jaman yang begitu pesat.

“Kita bisa lihat perkembangan yang begitu pesat di Kota Kendari. Bagaimana geliat yang begitu cepat tumbuh di Kota Kendari . Tentu ini dampak dari investasi yang masuk Sultra dengan hadirnya industri misalnya di Kabupaten Konawe dan Morowal. Maka dari itu kita imbangi dengan keberadaan sektor UMKM karena Kendari adalah kota transit dan kota jasa,” kata Parinringi.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sultra, Parinringi didampingi sejumlah jajaran meninjau stand expo UMKM.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Sultra yang diwakili Asisten Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Pemprov Sultra La Ode Saifuddin mengapresiasi pelaksanaan Expo UMKM kali ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif dan sangat menyentuh masyarakat sekitar.

“Kegiatan ini sangat menyentuh masyarakat khususnya para pelaku UMKM di Kelurahan Watu-Watu Kota Kendari. Ini perlu ditingkatkan,” kata La Ode Saifuddin.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sultra, Parinringi (enam kiri) foto bersama jajaran dan Forkopimda.

Saifuddin yakin, melalui Expo UMKM kali ini, bisa menjadi bagian dari upaya pemulihan ekonomi daerah pasca Pandemi COVID-19. “Kami harap kegiatan ini bisa merangsang pertumbuhan UMKM di Sulawesi Tenggara. Selain itu bisa mendorong omset mereka sehingga usahanya bisa berkembang dan mereka (UMKM) bisa naik kelas,” pungkasnya. (ags/adv)

  • Bagikan