Peran Bunda PAUD Ditingkatkan

  • Bagikan
TRANSISI BELAJAR : Disdikbud Wakatobi melalui Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal menggelar pembinaan dan penguatan peran Bunda PAUD kecamatan, desa dan kelurahan. (ASTY NOVALISTA/KENDARI POS)
TRANSISI BELAJAR : Disdikbud Wakatobi melalui Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal menggelar pembinaan dan penguatan peran Bunda PAUD kecamatan, desa dan kelurahan. (ASTY NOVALISTA/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Wakatobi melalui Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal, menggelar pembinaan dan penguatan peran Bunda PAUD kecamatan, desa dan kelurahan. Kegiatan tersebut dalam rangka mendukung program transisi PAUD ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan di daerah itu.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal pada Disdikbud Wakatobi, Yulianti, mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini untuk melibatkan semua bunda PAUD, mulai dari kecamatan maupun di desa/ kelurahan dalam menambah pengetahuan, pemahaman dan memberikan penguatan.

“Juga untuk mendukung program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Harapannya akan menghasilkan rencana aksi mewujudkan gerakan di wilayah masing-masing,” jelas Yulianti, Selasa (19/9).

Sementara itu, Bunda PAUD Wakatobi, Hj. Eliati Haliana, menyambut baik inisiatif dari Disdikbud untuk menerapkan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Program tersebut merupakan upaya pihaknya untuk menjaga keselarasan pendidikan anak dari PAUD ke SD atau Madrasah Ibtidaiyah.

“Sehingga proses peralihan dapat berjalan dengan lancar dan baik. Makanya, kegiatan ini sangat penting dilakukan dan diikuti peserta,” terangnya.

Selain itu, gerakan ini juga lanjut Ketua Tim PKK Wakatobi tersebut, bertujuan untuk memastikan bahwa anak-anak yang tidak berkesempatan mengikuti PAUD dapat memiliki hak sama untuk dibina. Serta mendapatkan kemampuan pondasi atau kemampuan dasar secara menyeluruh.

“Semoga gerakan ini dapat terus berlanjut dan menciptakan suasana belajar yang positif serta membekas sebagai kenangan indah bagi anak-anak kita,” harap Eliati Haliana. (b/thy)

  • Bagikan