Bahri Alokasikan Beasiswa Rp800 Juta untuk Mahasiswa/Pelajar Berprestasi

  • Bagikan
Pj.Bupati Mubar, Dr.Bahri

--Pj.Bupati Mubar, Dr.Bahri Tingkatkan Kualitas SDM

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kabar gembira bagi masyarakat khususnya mahasiswa dan pelajar berprestasi di Kabupaten Muna Barat (Mubar). Mereka tak mesti pening lagi memikirkan biaya pendidikan. Sebab, Penjabat (Pj) Bupati Mubar, Dr.Bahri menyiapkan beasiswa mahasiswa dan pelajar berprestasi. Anggaran beasiswa sekira Rp800 juta. Kebijakan Pj.Bupati Dr.Bahri itu untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui sektor pendidikan.

Hanya saja, bagi mereka yang berminat mendapatkan beasiswa mesti mengikuti prosedurnya. Calon penerima beasiswa mesti mendaftar di Pemkab Mubar. "Pendaftaran program beasiswa, sudah kita buka. Untuk mahasiswa Strata-1 dan mahasiswa Strata-2 sudah bisa mendaftar ke Pemkab Mubar," kata Pj.Bupati Mubar, Dr.Bahri saat ditemui Kendari Pos di ruang kerjanya, Senin (5/6), kemarin.

Pendaftaran beasiswa mahasiwa dan pelajar berprestasi dibuka Pemkab Mubar mulai Senin (5/6) kemarin, hingga Kamis (15/6). Terdapat 3 kategori program beasiswa, pertama, beasiswa prestasi akademik bagi mahasiswa S1 dan S2. Kedua, prestasi non akademik bagi penghafal Al-Qur'an 30 juz dan 20 juz.

Ketiga, beasiswa mahasiswa berprestasi dibidang olahraga dan seni, khususnya mereka yang meraih juara I (satu) dan II (dua) di tingkat provinsi mewakili Mubar. "Beasiswa diberikan dalam bentuk uang. Nilainya bervariasi, yakni Rp15 juta bagi mahasiswa S1 dan Rp 20 juta bagi mahasiswa S2," rinci Pj.Bupati Dr.Bahri.

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri itu menjelaskan pendaftaran beasiswa di Bagian Kesra Setda Mubar. Pelamar melampirkan persyaratan seperti IPK minimal 3,55, fotocopy KTP, KK, kartu mahasiswa, dan surat keterangan aktif kuliah.

Selain itu, melampirkan kartu hasil studi (KHS), surat keterangan dari pimpinan pondok (bagi hafiz 20 juz dan 30 juz), surat kejuaraan/piagam kejuaraan (bagi prestasi seni dan olahraga). "Jadi silakan mendaftar. Siapapun berhak asalkan berstatus mahasiswa dan pelajar Mubar dan memenuhi ketentuan yang disyaratkan," ungkap Pj.Bupati Dr.Bahri.

Alumni 07 STPDN itu meyakini banyak mahasiswa dan pelajar di Mubar memiliki kemauan tinggi melajutkan pendidikan diperguruan tinggi namun terbentur biaya. Olehnya itu, Pemkab Mubar hadir untuk membantu melalui beasiswa sehingga mereka dapat melanjutkan studinya dan meraih cita-citanya.

Selain itu, lahirnya program beasiswa prestasi diharapkan menjadi pelecut semangat generasi muda, terutama pelajar untuk berprestasi sesuai bidang yang diminati. Sehingga prestasi tersebut bisa menjadi batu loncatan untuk mendapatkan beasiswa melajutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

"Kita harapkan mahasiswa dan pelajar yang mendapatkan beasiswa dapat memanfaatkannya dengan baik. Belajar dengan tekun sehingga mampu berkompetisi dengan baik diera global dan digitalisasi saat ini. Ketika menuntaskan studi, kembali ke Mubar dan memberi manfaat bagi kemajuan daerah," tutup Pj.Bupati Dr.Bahri.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Mubar, La Karimu mengungkapkan total keseluruhan anggaran yang disiapkan Pemkab Mubar untuk beasiswa mahasiswa dan pelajar berprestasi senilai Rp800 juta. Masing-masing terbagi untuk beasiswa mahasiswa berprestasi S1 dan S2 serta beasiswa prestasi pelajar. "Anggarannya sudah disiapkan," ujarnya. (ahi/b)

  • Bagikan